Pansus DPR Bergerak ke Safe House KPK di Depok, Apa Motifnya?

ilustrasi

ilustrasi

POJOKBANDUNG.com – KPK tak khawatir menghadapi rencana kunjungan Pansus Angket bentukan DPR ke rumah aman atau safe house KPK, Jumat (11/8/2017).

KPK menegaskan, penggunaan safe house sudah sesuai aturan yang ada dalam UU Nomor 30 Tahun 2002 tentang KPK dan UU Perlindungan terhadap Saksi dan Korban.

Menurut juru bicara KPK Febri Diansyah, pansus sampai saat ini belum pernah mengutarakan rencana kunjungan ke safe house itu secara resmi ke lembaganya.

Di sisi lain, penggunaan safe house itu sendiri bersifat rahasia sehingga perlu dipertimbangkan jika ada pihak-pihak yang ingin mengetahuinya.

Febri lantas mengaku heran dengan motif kunjungan Pansus Angket KPK ke safe house tersebut. Ia mempertanyakan motif dari kunjungan ke safe house itu.

Baca Juga:

KPK Lagi Sibuk Tangani Korupsi E-KTP, Pansus DPR Malah Panggil Agus Rahardjo

Pansus DPR sampai Undang Terpidana Kesaksian Palsu Demi Mengorek Kelemahan KPK

“Kalau memang ada pihak-pihak tertentu yang ingin ke sana dengan motif dan maksud apa kami tidak tahu, kami juga tidak mengkhawatirkan itu. Karena semua tindakan yang dilakukan KPK sesuai dengan aturan hukum yang berlaku dan bisa dipertanggungjawabkan,” kata Febri di gedung KPK, Jakarta.

Febri menjelaskan, ada dua landasan hukum penggunaan rumah aman atau safe house. Yakni, Pasal 15 huruf d UU Nomor 30 Tahun 2002 tentang KPK dan UU Perlindungan terhadap Saksi dan Korban.

loading...

Feeds

Wah! Peringkat ITB Digeser UGM

Nasir mengumumkan UGM behasil menempati posisi pertama dengan skor 3,66 poin, menggantikan ITB (3,53 poin). Di bawahnya disusul IPB