Pencemaran Lingkungan di Bandung Barat Kian Mengkhawatirkan, Tiap Desa Diminta Bikin Bank Sampah

Seorang petugas tengah mengolah sampah menjadi kompos. DLH Kabupaten Bandung Barat (KBB) akan melakukan sosialisasi pengolahan sampah kepada masyarakat. Foto: Habibie/Radar Bandung

Seorang petugas tengah mengolah sampah menjadi kompos. DLH Kabupaten Bandung Barat (KBB) akan melakukan sosialisasi pengolahan sampah kepada masyarakat. Foto: Habibie/Radar Bandung

POJOKBANDUNG.com – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bandung Barat (KBB), akan melakukan sosialisasi pengolahan sampah kepada masyarakat. Hal itu dilakukan dalam rangka pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui pemanfaatan sampah rumah tangga dengan metode 3 R (Reuse, Reduce, Recycle).

Kepala DLH KBB, Apung Hadiat Purwoko mengatakan, sosialisasi pemanfaatan sampah rumah tangga organik maupun non-organik itu, akan dilakukan dalam waktu dekat melalui aparat kewilayahan di setiap kecamatan di KBB pada rapat minggon.

Sehingga, diharapkan sampah itu tidak hanya menjadi limbah masyarakat tetapi bisa dikelola menjadi sesuatu yang bermanfaat.

“Kami menargetkan sosialisasi ini bisa dilaksanakan pada tahun ini, di semua kecamatan dengan skala prioritas kecamatan perkotaan,” kata Apung Kepada wartawan, Selasa (8/8/2017).

Baca Juga:

Sampah Kresek Bisa Dibikin Aspal, Pesan 3 Ton dari Pengepul Cigondewah 

PD Kebersihan Bandung Targetkan Adipura Lewat TPS Cantik dan Sedekah Sampah 

Selain sosialisasi pemanfaatan sampah, lanjut dia, pihaknya juga akan melakukan sosialisasi kelembagaan bank sampah di setiap desa. Di mana nantinya, setiap desa didorong untuk membentuk bank sampah melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

“BUMDes diharapkan bisa mengembangkan usaha pengelolaan sampah limbah rumah tangga masyarakat itu dengan membentuk bank sampah. Setelah terbentuk, maka akan dibentuk juga forum bank sampah yang akan mengkoordinir bank sampah ini. Karena nantinya masyarakat sebagai nasabahnya, di mana setiap hasil pengolahan sampah akan menghasilkan nilai ekonomis,” ungkapnya.

Apung menjelaskan, sampah tidak hanya menjadi limbah masyarakat tetapi bisa dikelola menjadi sesuatu yang bermanfaat. Sementara melalui bumdes, bisa menjadi induk usaha pengelolaan sampah desa.

Bahkan, ke depan setiap desa diharapkan bisa mempunyai lembaga untuk mengelola sampah dengan baik.

loading...

Feeds

Gubernur Jabar Raih Paramakarya 2017

Gubernur Jawa Barat mendapatkan Penghargaan Produktivitas Paramakarya dari Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia karena dinilai telah sukses memberikan dukungan dan pembinaan …