Masyarakat Indonesia Kurang Makan Sayur, Penyakit Mematikan Ini Mengancam

Pertanian di Kabupaten Bandung Barat. Foto: Ramdhani/Radar Bandung

Pertanian di Kabupaten Bandung Barat. Foto: Ramdhani/Radar Bandung

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Penyakit tidak menular disebabkan faktor gen (keturunan) dan gaya hidup tidak sehat. Nah, sekarang, penyakit seperti diabetes, hipertensi, jantung, itu trennya meningkat.

Maraknya penyakit tidak menular itu membuat Komisi IX DPR RI dan Kementrian Kesehatan menggencarkan menyosialisasikan Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) dalam meningkatkan pola hidup sehat di masyarakat di seluruh Indonesia khususnya Bandung.

Komisi IX DPR RI, Ketut Sustiawan, mengatakan hidup tidak sehat seperti kurangnya aktivitas fisik, kurang makan buah dan sayur serta merokok, alkohol, buang air besar (BAB) sembarangan justru menimbulakn resiko penyakit mematikan.

Politisi PDI Perjuangan ini menyampaikan, dari riset kesehatan dasar 2015, diketahui sebanyak 93% masyarakat Indonesia enggan makan buah dan sayur.

Baca Juga: Banyak Warga Miskin Kesulitan Akses Fasilitas Kesehatan, Dinkes Bandung Bakal Luncurkan Layanan Layad Rawat

Hal itulah yang menjadi konsen Komisi IX untuk meningkatkan kesukaan masyarakat terhadap sayur dan buah serta melakukan aktivitas fisik seperti olahraga dan gaya hidup sehat.

“Tidak perlu olahraga yang mahal seperti ke gym atau golf, cukup melakukann aktivitas rumah tangga seperti menyapu, mengepel. Selain itu rajin juga mengecek kesehatan secara rutin ke Puskesmas, cek darah, kolesterok, berat badan dan lingkar pinggang,” tutur Ketut Sustiawan.

Ketut Sustiawan menyampaikan hal tersebut usai kegiatan Sosialiasi Germas yang diikuti ratusan ibu-ibu kader Posyandu di Aula Gedung Graha Binangkit PKK Bandung, Senin (7/8/2017).

Pada sosialisasi Germas sendiri, Komisi IX dan Kemenkes menyampaikan tiga kampanye yang akan dilakukan ke masyarakat melalui kader-kader Posyandu Kecamatan Kiaracondong se-Kota Bandung.

loading...

Feeds

Gubernur Jabar Raih Paramakarya 2017

Gubernur Jawa Barat mendapatkan Penghargaan Produktivitas Paramakarya dari Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia karena dinilai telah sukses memberikan dukungan dan pembinaan …