Tora Sudiro Tersangkut Dumolid. Bagaimana Efek Obat Ini?

Tora Sudiro dan Mieke Amalia. Foto: Dedi Yondra/jawa.pos.com

Tora Sudiro dan Mieke Amalia. Foto: Dedi Yondra/jawa.pos.com

POJOKBANDUNG.com – Penyalahgunaan obat Dumolid, pil penenang golongan psikotropika yang dipakai artis Tora Sudiro bisa berujung fatal jika digunakan jangka panjang.

Ada alasan kuat mengapa peredaran dan pendosisan obat Dumolid diatur sangat ketat dalam dunia medis.

Dalam keterangan tertulis hellosehat.com, Senin (7/8/2017) kebanyakan obat adiktif jika dikonsumsi cukup lama dapat menyebabkan depresi. Hal ini sangat umum terjadi pada obat penenang.

Semakin lama seseorang menggunakan obat penenang, semakin rentan mengalami kecemasan.

Ini karena tubuh sudah beradaptasi sepenuhnya dengan efek obat tersebut, sehingga tingkat stres dan kecemasan yang tadinya dapat ditekan secara efektif kini malah meningkat berlipat ganda. Sehingga semakin memicu gejala depresi.

Penggunaan obat penenang juga telah lama diperdebatkan dapat mengganggu kemampuan kognitif otak untuk belajar.

Tidak hanya mengganggu kemampuan pemahaman visual-spasial, kecepatan pengolahan pikiran dan persepsi juga kemampuan untuk menyerap percakapan verbal saat sedang di bawah pengaruh obat.

Akan tetapi penurunan kemampuan ini tidak sepenuhnya kembali bahkan setelah orang tersebut menarik diri dari penggunaan obat.

Salah satu gejala yang paling mengganggu dari penggunaan obat penenang jangka panjang adalah depersonalisasi. Ini berarti seseorang merasa terpisah dari dunia nyata. Sulit untuk mendeskripsikan gambaran seperti apa depersonalisasi itu, kecuali jika seseorang sudah pernah mengalaminya.

loading...

Feeds

Wah! Peringkat ITB Digeser UGM

Nasir mengumumkan UGM behasil menempati posisi pertama dengan skor 3,66 poin, menggantikan ITB (3,53 poin). Di bawahnya disusul IPB