Pengusaha atau Pedagang yang Perlu Sayur Disarankan Datang ke BAM Bandung

Petani sayuran saat melakukan aktivitas di area pertanian Jalan Jalan SMP Desa Cikidang Kabupaten Bandung Barat. FOTO: RAMDHANI/RADAR BANDUNG

Petani sayuran saat melakukan aktivitas di area pertanian Jalan Jalan SMP Desa Cikidang Kabupaten Bandung Barat. FOTO: RAMDHANI/RADAR BANDUNG

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Bandung Agri Market (BAM) yang diselenggarakan Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Bandung, jadi jembatan pengusaha dan petani untuk bertemu.

“Jadi untuk pengusaha atau pedagang yang ingin mencari petani yang berkebun sayuran dalam jumlah cukup banyak, bisa datang ke pameran BAM yang kami selenggarakan,” ujar Kepala Dispangtan Kota Bandung Elly Wasliah, Minggu (6/8/2017).

Elly mengatatakan pameran BAM ini, merupakan ajang warga Kota Bandung yang sudah berhasil dalam melaksanakan kampung berkebun di wilayah masing-masing.

“Untuk sementara, kami baru bisa memfasilitasi 30 warga yang sudah berhasil berkebun di wilayahnya dengan memanfaatkan fasilitas yang terbatas,” paparnya.

Baca Juga:

Ironis, Bandung Barat Daerah Penghasil Sayur. tapi Keberpihakan Pemda pada Petani Minim

Polisi Nyambi Jualan Sayur, Ini Sosok Brigadir Santoso 

Namun demikian, Elly menjamin warga yang ikut dalam pameran BAM, merupakan warga yang dinilai berhasil dan menjadi contoh, untuk menjalankan kampung berkebun.

Elly mencontohkan ada warga di kawasan Ujungberung, ada yang berhasil menanam daun bawang, dan bisa mensuplai kebutuhan tukang martabak.

“Jadi setiap hari, mereka mensuplai kebutuhan tukang martabak di kawasan Ujungberung,” terangnya.

Dalam kegiatan kampung berkebun, lanjut Elly, diperkenalkan cara bercocok tanam dengan cara konvensional dan hidroponik.

Dalam kedua metode bercocok tanam tersebut, tanaman yang banyak ditanam adalah sayuran seperti pakcoy, kangkung, tomat, terong, daun bawang, dan strowberry.‎

Karenanya, lanjut Elly, pihaknya berharap pameran BAM ini, tidak hanya berguna untuk warga dalam sekali kesempatan, namun juga bisa menjalin kerjasama berkepanjangan.

loading...

Feeds