Ini Dia Tim Penilai UNESCO yang Bakal Menentukan Status Geopark Ciletuh

Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar dan Tim Asesor UNESCO

Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar dan Tim Asesor UNESCO

POJOKBANDUNG.com – Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar, mengungkapkan kunjungan Tim Asesor UNESCO ke kawasan Geopark Nasional Ciletuh-Palabuhanratu, memberikan tambahan semangat dalam menerapkan konsep Community Based Tourism berbasis pada aspek konservasi, edukasi dan pemberdayaan masyarakat.

Penilai dari Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan PBB itu di antaranya Alexandru Andrasanu dari Rumania dan Soo Jai Lee dari Korea Selatan.

Mereka bertugas memberikan penilaian apakah Geopark Ciletuh Palabuhanratu masuk UNESCO Global Geopark atau tidak. Apabila masuk, maka Ciletuh akan akan dinyatakan sebagai geopark kelas dunia.

Ada pun pemeriksaan oleh tim assessor dari UNESCO tersebut dilakukan sejak Selasa (1/8/2017) lalu hingga Jumat (4/8/2017).

Baca Juga:

Geopark Ciletuh Korbankan Anggaran Pengairan

Paramitha Rusady Jadi Duta Geopark Ciletuh-Palabuhanratu

Nasib Geopark Ciletuh Diputuskan Agustus, Pemprov Jabar Deg-degan 

Deddy Mizwar mengungkapkan, demi tercapainya cita-cita tersebut, pihaknya juga akan terus membenahi sistem manajemen dan memperbanyak upaya promosi, seperti penyelenggaraan Festival Geopark Ciletuh-Palabuhanratu yang dilaksanakan sejak 2015 sampai 2017.

“Yang terakhir, mari kita jadikan Geopark Nasional Ciletuh-Palabuhanratu, sebagai best practice bagi kita untuk mengeksplorasi berbagai potensi alam di Jawa Barat,” kata Wagub Jabar, pada acara pertemuan bersama Assesor UNESCO, di Aula Setda Kabupaten Sukabumi, Jumat (04/08/2017).

Deddy optimistis, dengan luas wilayah mencapai lebih dari 37 ribu km2, Jawa Barat memiliki surga-surga tersembunyi potensial untuk digali dan dikembangkan menjadi destinasi wisata kelas dunia, sehingga dapat memberikan multi efek terhadap pertumbuhan ekonomi daerah dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

loading...

Feeds