Hebat! Robot Pembantu Petani Buatan SMKN 2 Cimahi Juara di Jepang

Muftie Insani (kiri) dan Firman Dwiansyah memperlihatkan cara kerja Botani atau Robot Pembantu Petani di Jalan Kamarung, Kota Cimahi. FOTO: RIANA SETIAWAN/RADAR BANDUNG

Muftie Insani (kiri) dan Firman Dwiansyah memperlihatkan cara kerja Botani atau Robot Pembantu Petani di Jalan Kamarung, Kota Cimahi. FOTO: RIANA SETIAWAN/RADAR BANDUNG

POJOKBANDUNG.com – PERJUANGAN berat siswa SMKN 2 Kota Cimahi untuk memberikan hasil terbaik bagi sekolahnya tak sia-sia. Selama dua bulan, Muftie Insani dan Firman Dwiansyah, berhasil membuat robot Botani.

Kedua siswa ini telah menciptakan alat semprot otomatis dan pengatur suhu ruangan. Ya, robot Botani dibikin untuk membantu petani.

Meskipun hanya meraih medali perunggu dalam ajang International Exhibition for Young Inventors (IEYI) di Nagoya, Aicihi, Jepang, namum hal itu tentunya sangat membanggakan.

Salah seorang kreator robot Botani, Firman Dwiansyah, mengungkapkan awal mula menciptakan alat peyemprot otomatis tersebut. Idenya berasal dari temuan di lapangan saat ia melihat para petani bunga bekerja secara manual.

Baca Juga

Dunia Bakal Dikuasai Mesin, Namun Riset Robot Indonesia Minim 

Pertarungan Robot Tingkat Nasional di UPI Bandung, Ini Hasil Lengkapnya

Kisah Haru ‘Manusia Robot’ Asal Karangasem 

Ditambah lagi, para petani bunga yang ia temui rata-rata usianya sudah tidak muda lagi.

“Awalnya saya prihatin dengan kerja petani bunga maupun jamur yang cara kerjanya masih manual,” ungkap Firman, saat memamerkan robot Botani buatannya di SMKN 2 Jalan Kamarung Kota Cimahi, Selasa (1/8/2017).

Dengan begitu, ia bersama rekannya Muftie Insani mengkolsultasikan kepada pihak sekolah untuk mendukung niatnya tersebut.

“Alhamdulilah pihak sekolah ngasih suport sehingga kami lebih bebas untuk berinovasi,” ujarnya.

Sistem kerja robot pembantu petani mengandalkan sensor yang berfungsi menyemprotkan air melalui selang dan blower. Sehingga air dapat menyebar seperti embun untuk menjaga kelembapan ruangan.

Untuk fungsinya, lanjut dia, Botani berfungsi menjaga kelembapan dan suhu ruangan yang berisi tanaman jenis anggrek atau jamur.

loading...

Feeds