Jalan Cihawuk Rusak, Dinas PUPR Kab Bandung Minta Warga Bersabar Dulu

Sejumlah pengendara melewati jalan rusak. (Ilustrasi)

Sejumlah pengendara melewati jalan rusak. (Ilustrasi)

POJOKBANDUNG.com, SOREANG – Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kab Bandung, Agus Nuria menjanjikan perbaikan jalan tembusan Cihawuk-Kab Bandung.

Ia mengaku akan memperjuangkan keluhan masyarakat dalam pembahasan APBD-P 2017 dan jika disetujui, maka perbaikan akan dilakukan pada tahun 2018. (Baca: Jalan Rusak Tak Diperbaiki, Warga Kertasari Ancam Pindah Status Penduduk ke Garut)

Ia berkilah, anggaran perbaikan jalan yang tersedia terbatas. ‎Sejak digabungkan dengan Cipta Karya dan Pengairan awal tahun 2017. Anggaran yang semula hanya untuk Bina Marga harus dipecah terbagi menjadi dua bidang tersebut. Sehingga anggaran perbaikan jalan menjadi lebih terbatas.

“Lihat dulu di Anggaran Perubahan, tetapi kita usahakan di tahun 2017 ini,” kata Agus di Kantor Dinas PUPR Kab Bandung, Jumat (28/7). Ia mengakui, sebagian akses jalan yang menghubungkan Kertasari- Dar‎ajat Kab Bandung masih dalam kondisi berbatu. Itu dikarenakan kondisi lalu lintas harian rata-rata (LHR) relatif kecil dibandingkan jalan protokol lainnya.

Agus menjelaskan, perbaikan jalan sebelumnya melalui dua paket penunjukan sepanjang 120 meter dengan lebar hingga lima meter sudah dilakukan dengan menghabiskan anggaran Rp 400 juta. Perbaikan itu belum separuhnya dari total jarak jalan keseluruhan.

“Sisanya masih panjang, mungkin butuh hingga Rp20 miliar. Belum lagi dengan curah hujan yang tinggi, perlu adanya upaya pemeliharaan,” katanya.

loading...

Feeds