Telkom Gandeng Fujitsu Kembangkan Solusi Digital Berbasis IoT di Indonesia

POJOKBANDUNG.com,BANDUNG- Telkom Indonesia melalui Divisi Digital Servicenya dan Fujitsu Limited menandatangani nota kesepahaman (Selasa, 25 Juli) untuk bersama-sama mengeksplorasi solusi digital berbasis Internet of Things (IoT) untuk menciptakan bisnis digital yang memanfaatkan infrastruktur jaringan tingkat lanjut di Indonesia. Solusi tersebut meliputi berbagai bidang, termasuk di antaranya pengembangan pembangunan kota cerdas (smartcity), bidang kesehatan, manufaktur dan logistik.

Penandatanganan dilakukan oleh EGM Telkom Divisi Digital Service, Arief Musta’in dan Corporate Executive Office SVP, Head of social infrastructure Business Fujitsu Limited, Fumihiko Tezuka dan turut dihadiri oleh Odi Handoko, Managing Director Fujitsu Indonesia.

Dalam nota kesepahaman ini, Telkom dan Fujitsu, melalui Fujitsu Indonesia, akan melakukan riset pasar, membuat perencanaan dan melakukan peninjauan terhadap solusi-solusi digital yang memanfaatkan kekuatan masing-masing perusahaan, kemudian dari hasil yang didapat, keduanya akan bersinergi melakukan pengembangan, verifikasi, dan penciptaan bisnis-bisnis digital baru berbasis IoT.

“Saat ini Telkom mengelola 6 produk portofolio yaitu mobile dengan pelanggan lebih dari 160 juta, fixed voice dan fixed broadband, wholesale dan international dengan kantor representatif di 10 negara, network infrastructure, enterprise dari mulai UKM sampai multinational company dan consumer. Dengan semakin umumnya penggunaan smartphone dan perkembangan jaringan broadband yang memungkinkan komunikasi berkapasitas tinggi dalam beberapa tahun terakhir telah menyebabkan peningkatan tajam penggunaan internet di Indonesia. Hal itu memungkinkan diimplementasikannya solusi digital berbasis IoT di berbagai bidang di Indonesia.” ujar Arief Musta’in dalam keterangannya. (Rabu, 26 Juli 2017).

Sementara Fumihiko mengatakan, Fujitsu dengan pengalaman bisnis 80 tahun di bidang informasi dan teknologi komunikasi (ICT) di lebih dari 100 negara dapat menularkan pengalamannya untuk mensolusikan berbagai kebutuhan masyarakat Indonesia berbasis teknologi IoT, apalagi proses digitalisasi masyarakat di Indonesia diperkirakan terus bertumbuh.

“Fujitsu telah mengembangkan serangkaian teknologi terkait IoT yang memberikan manfaat dan nilai lebih bagi perusahaan-perusahaan global, dan juga kepada masyarakat melalui kerjasama dengan pemerintah. Melalui kerja sama ini, kami yakin dapat menciptakan gebrakan-gebrakan baru yang tidak hanya mendukung pertumbuhan kedua bisnis raksasa tersebut, tetapi juga meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia melalui layanan inovatif berbasis TIK,” tutup Odi Handoko, Managing Director Fujitsu Indonesia.

(azm)

loading...

Feeds

Wah! Peringkat ITB Digeser UGM

Nasir mengumumkan UGM behasil menempati posisi pertama dengan skor 3,66 poin, menggantikan ITB (3,53 poin). Di bawahnya disusul IPB