Ini Tips Membantu Anak Saat Menghadapi Hari Pertama Sekolah

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG– Sebagian orang tua boleh jadi merasa cemas menghadapi hari pertama anaknya masuk sekolah dasar.

Kekhawatiran tersebut didasari lantaran adaptasi siswa baru belum sepenuhnya mendapat kepercayaan orangtua.

BACA JUGA:

Antar Hari Pertama Anak Sekolah, Orangtua Harus Tetap Produktif

Orangtua Jangan Paksakan Kehendaknya kepada Anak, Berbahaya

Orangtua Teman Curhat Terbaik bagi Anak

 

Kecemasaan atau kekhawatiran orangtua saat anaknya akan masuk SD dinilai sangat wajar. Rasanya, setiap orangtua, apalagi yang baru memiliki satu anak dan baru memasuki SD mungkin akan mengalami hal yang sama.

Namun, kecemasan sebagaian besar hanya berupa kekhawatiran berlebihan dari orangtua. Hal tersebut diungkapkan Popon Sopriati (40) salah seorang Guru SD di Kecamatan Panyileukan. Menurutnya, rata-rata kekhawatiran orangtua saat anaknya akan memasuki bangku sekolah dasar ada tiga jenis.

Pertama orangtua yang khawatir dengan kurikulum sekolah yang terkesan berat untuk diterima anak. Kedua, khawatir anak belum dapat beradaptasi baik dengan lingkungan sekolah yang baru. Ketiga kecemasan soal kemandirian anak dengan lingkungan sosialnya di sekolah.

“Semua harus dikembalikan pada karakter anak itu sendiri. Jika anak pertama kita perlu menyerahkan sepenuhnya pada proses pembelajaran di sekolah, tapi jika anak kedua atau ketika rasa khawatir tentu akan berkurang sebab dipastikan sudah ada pengalaman,” imbuhnya.

loading...

Feeds