Independen atau Partai Politik, Ridwan Kamil Putuskan Akhir Juli

Ridwan Kamil (Rieska/JawaPos.com)

Ridwan Kamil (Rieska/JawaPos.com)

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Jalan Ridwan Kamil untuk menjadi Gubernur Jawa Barat terhambat karena kesulitan mendapat dukungan partai. Sehingga, pria yang saat ini menjabat sebagai Walikota Bandung itu mengaku sedang mempertimbangkan untuk maju di Pilgub Jabar 2018 melalui jalur independen.

Sejauh ini hanya Partai Nasdem yang sudah mendeklarasikan dukungan kepada Ridwan Kamil. Namun, partai pimpinan Surya Paloh itu hanya memiliki lima kursi legislatif di DPRD Provinsi Jabar. Sedangkan, syarat pengusungan Cagub minimal 20 kursi.

BACA JUGA:

Survei: Nasdem Jadi Sebab Turunnya Elektabilitas dan Popularitas Ridwan Kamil, Begini Penjelasannya

Pamornya Dibilang Anjlok Jelang Pilgub Jabar, Ridwan Kamil: Tidak Masuk Akal

Dukungan Relawan di Pilgub Jabar Terus Mengalir, Ridwan Kamil Terharu

Menurut suami dari Atalia Praratya itu, pesta demokrasi terbagi dalam tiga babak. Mencari kursi, perjodohan dan pemenangan. Ia mengakui bahwa babak pertama dalam pencarian kursi masih belum menemui titik terang.

Usaha komunikasi kepada sejumlah partai seperti PKS, PPP, PKB, Demokrat hingga Golkar masih belum ada kejelasan. “Masih komunikasi dengan semua. Mungkin akhir Juli atau awal Agustus (ada keputusan, Red),” ucap pria yang akrab disapa Emil.

Tidak ingin niatnya terganggu dengan syarat kursi yang tak terpenuhi, namun alumnus ITB itu membuka kemungkinan maju melalui jalur independen. Namun, opsi itu dipastikan tidak akan mudah dilalui mengingat persyaratannya yang tak kalah ruwet, ditambah waktunya yang mepet.

loading...

Feeds