PPDB Oh PPDB, Para Orang Tua Murid Kecewa setelah Lelah Berjuang

Ilustrasi siswa

Ilustrasi siswa

POJOKBANDUNG.com – Sebagian orang tua calon peserta didik Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Soreang kecewa karena anaknya tidak diterima SMA tujuan.

Padahal sistem zonasi yang memberlakukan jarak maksimal 2 kilometer dari jarak sekolah tela‎h dipenuhi.

Eti Komariah nampak tak bergairah setelah berhimpitan dengan puluhan orang tua lainnya.

Putrinya yang bernama Rahma Mariam dinyatakan tidak lulus dalam Proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2017 di SMPN 1 Soreang. Ia menyebutkan jika jarak rumahnya di Desa Sekarwangi, Kecamatan Soreang hanya berjarak 800 meter dari SMPN 1 Soreang.

Dengan passing grade yang ditentukan oleh sekolah yaitu 27,4 ‎dan NEM passing grade putrinya tersebut 26,5. Namun secara sistem zonasi, seharusnya anak tersebut dapat diterima di sekolah tersebut.

“NEM-nya memang di bawah passing grade tapi kan masuk zonasi, kenapa ada yang NEM 18 dan 19 kok diterima. Selaku orang tua saya kecewa dengan sistem yang diterapkan oleh pihak sekolah ini,” keluh Eti saat dijumpai di Soreang, kemarin (13/7).

Baca Juga:

PPDB Amburadul, Disdik Jabar Mau Selesaikan dengan Musyawarah

DPRD Bakal Evaluasi Pelaksanaan PPDB, Kadisdik Jabar Siap-siap Dipanggil

DPRD Jabar Kebanjiran Keluhan Persoalan PPDB 2017 dari Orangtua Siswa 

DPRD Jabar Minta Dinas Pendidikan Antisipasi Praktik Ilegal pada PPDB

Beberapa anak lain bernasib sama. Meskipun memiliki NEM atau masuk dalam zonasi sekolah, mereka harus mencari sekolah lain yang lebih dekat dengan pemukimannya.

“Tahu begini lebih baik masuk sekolah swasta dari awal. Kenyataanya hanya mengecewakan setelah lama-lama berdesakan,” kata Eti.

Senada dengan Eti, Siti Solihah‎ warga Desa Sekarwangi mengatakan anaknya Naysila memang memiliki NEM 25,50. Tetapi secara zonasi anak tersebut berhak masuk di SMPN 1 Soreang.

Ia mempertanyakan kenapa pihak sekolah tidak dari awal memberitahukan hal tersebut.

loading...

Feeds

Carlton Cole resmi gabung Persib (Twitter @Persib)

Saatnya Pembuktian, Cole!

Eks pemain West Ham United dan timnas Inggris itu dimasukkan karteker pelatih Persib Herrie Setiawan ke dalam daftar pemain yang …