HMI Jawa Barat Setuju dengan Perppu Ormas Anti-Pancasila

Ilustrasi ormas. Foto: M Tegar Mujahid/Radar Lampung (Jawa Pos Grup)

Ilustrasi ormas. Foto: M Tegar Mujahid/Radar Lampung (Jawa Pos Grup)

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Badan Koordinasi Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Jawa Barat menyorot Perppu Ormas yang diterbitkan oleh pemerintah.

Ketua Umum Badko HMI Jabar, Achyar Al Rasyid menjelaskan bahwa Indonesia merupakan negara multikultur, beragam etnis, budaya dan bahasa.

“Kita beda tapi satu dengan adanya sebuah ideologi bangsa yaitu pancasila,” ujarnya kepada wartawan, Jumat (14/7).

Achyar mengatakan, ‎munculnya permasalahan negara yang sedang dibangun bersama sering dihadapkan dengan konflik internal.

Menurutnya, warga negara Indonesia harus memiliki tanggung jawab bersama, begitu juga pemerintah sebagai penyelenggara negara berkewajiban melaksanakan, mengamalkan dan mengamankan Pancasila dari berbagai ancaman yang muncul.

“Jika presiden menilai ada ancaman nyata terhadap Pancasila, pemerintah berwenang mengeluarkan peraturan pemerintah pengganti Undang-undang (Perppu) untuk mencegah, mengadakan, meniadakan dan menghentikan ancaman terserbut,” bebernya.

Baca Juga:

Ini Rupanya Alasan Pemerintah Keluarkan Perppu Ormas Anti-Pancasila

Kata Pengamat, Pemerintah Terlalu Terburu-buru Bubarkan HTI

HTI Menolak Pembubaran, Siapkan Perlawanan

Pemerintah Bubarkan HTI, Begini Sikap Polda Jabar 

Pemerintah berpegangan pada pasal 22 ayat 1 UUD NKRI 1945 yang berbunyi dalam hal ikhwal kegentingan yang memaksa presiden berhak menetapkan Perppu untuk dikuatkan dalam pasal 1 angka 4 Undang-undang No.12 tahun 2011 tentang pembentukan Perppu yang ditetapkan.

“Kita menyampaikan 4 poin utama, mengajak seluruh masyarakat berpegang teguh pada Pancasila dan menjaga keutuhan NKRI,” ucapnya.

loading...

Feeds