BPJS Kesehatan Jamin Sepenuhnya Biaya Pengobatan Pasien Kanker Serviks

BPJS Kesehatan Cabang Cimahi lakukan sosialisasi bulan deteksi dini kanker serviks bagi peserta JKN-KIS di Puskesmas Batujajar, Kabupaten Bandung Barat, Kamis (13/7). FOTO: Gatot Pudji

BPJS Kesehatan Cabang Cimahi lakukan sosialisasi bulan deteksi dini kanker serviks bagi peserta JKN-KIS di Puskesmas Batujajar, Kabupaten Bandung Barat, Kamis (13/7). FOTO: Gatot Pudji

POJOKBANDUNG.com – Kanker serviks menjadi salat satu penyakit mematikan bagi kaum hawa. Selain itu, biaya pengobatan penyakit ini tidak ringan.

Salah satu upaya mencegah kanker serviks ialah dengan deteksi dini. Karena hanya dengan cara ini, kanker serviks bisa diatasi sebelum berkembang menjadi kanker stadium lanjut.

Nah, baik deteksi dini maupun biaya pengobatan kanker serviks termasuk penyakit yang ditanggung BPJS Kesehatan.

Sehingga peserta masyarakat peserta BPJS Kesehatan tidak perlu khawatir jika harus menjalani deteksi dini, operasi ataupun biaya obat-obatan kanker serviks.

BPJS Kesehatan menjamin sepenuhnya biaya pengobatan pasien penderita kanker serviks meskipun biayanya mahal.

“Tentunya kami akan menjamin sepenuhnya biaya pengobatan dari awal hingga sembuh,” ucap Kepala BPJS Cimahi, Yudha Indrajaya saat sosialisasi Bulan Deteksi Dini Kanker Serviks bagi peserta JKN-KIS di Puskesmas Batujajar, Kabupaten Bandung Barat, Kamis (13/7/2017).

Ia pun mengimbau kepada seluruh peserta JKN-KIS untuk melakukan deteksi dini di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) atau sarana penunjang lain yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.

Baca Juga:

BPJS Kesehatan Cabang Cimahi Sosialisasi Deteksi Dini Bahaya Kanker Serviks

Dukung Program BPJS Kesehatan Cimahi, Dinkes KBB Siapkan Aplikasi Game

Mau Mudik Lebaran? Baca Dulu Informasi Penting dari BPJS Kesehatan Cimahi Ini 

“Jadi intinya, masyarakat harus mau memeriksakan diri agar penyakit dan biayanya tidak mebengkak atau penyakitnya lebih parah,” ujarnya.

Berdasarkan data peserta BPJS Kesehatan secara nasional 2016, jumlah kasus kanker serviks di tingkat pelayanan Rawat Jalan Tingkat Lanjutan (RJTL) mencapai 12.820 kasus dengan total biaya sekitar Rp56,5 miliar.

Data pasien kanker serviks di tingkat Rawat Inap Tingkat Lanjutan tercatat ada 6.938 kasus dengan total biaya sekitar Rp87,1 miliar.

Berdasarkan data per 7 Juli 2017, terdapat 1.359.069 jiwa penduduk Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat yang telah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS.

Ada pun hingga bulan Juni 2017, terdapat total 120 Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang bermitra dengan BPJS Kesehatan Cabang Cimahi, yang terdiri atas 45 Puskesmas, 10 Dokter Praktik Perorangan, 3 Dokter Praktik Gigi Perorangan, 4 Klinik Polri, 3 Klinik TNI, dan 49 Klinik Pratama.

(gat)

loading...

Feeds