PPDB Amburadul, Disdik Jabar Mau Selesaikan dengan Musyawarah

PPDB

PPDB

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Ahmad Hadadi mengatakan, persoalan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Jawa Barat, yang diwarnai kekisruhan mestinya diselesaikan secara musyawarah.

Penyelesaian masalah dengan musyawarah, kata Hadadi, atas anjuran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhajir Effendy, saat dirinya bertemu beberapa waktu di Bogor.

Mendikbud berpesan, jangan sampai kisruh PPDB mengorbankan anak didik.

“Pak menteri ingatkan persoalan diselesaikan dengan musyawarah dan bijak,” kata Hadadi kepada wartawan, Rabu (12/7/2017).

Apalagi, lanjut Hadadi, Angka Partisipasi Sekolah (APK) di Jawa Barat masih tergolong rendah.

“Saya butuh konsentrasi perhatian agar anak-anak di Jawa Barat semangat  bersekolah, termasuk menyelesaikan wajib belajar 12 tahun,” katanya.

Baca Juga:

DPRD Bakal Evaluasi Pelaksanaan PPDB, Kadisdik Jabar Siap-siap Dipanggil

DPRD Jabar Kebanjiran Keluhan Persoalan PPDB 2017 dari Orangtua Siswa 

DPRD Jabar Minta Dinas Pendidikan Antisipasi Praktik Ilegal pada PPDB

Menurutnya, salah satu pemicu kekisruhan ini hilangnya data siswa pada list passing grade yang disiarkan secara online.

Tetapi ia menyebut kasus tersebut hanya terjadi di dua kota, yakni Kota Bandung dan Kota Depok. Ia mengklaim, protes dari orang tua siswa pun sudah diselesaikan.

“Saya beri jaminan, data tidak akan hilang. Passing grade tinggi tapi tidak masuk dan mestinya masuk. Insyaallah dijamin masuk,” tegasnya.

Selanjutnya masalah kebijakan zonasi yang juga banyak dikeluhkan, menurutnya akan disempurnakan secara cermat di tahun depan.

Ia mencontohkan SMA 3 dan SMA 5 Bandung yang di sekitarnya hanya perkantoran.

“Maka sistem zonasi ini tidak sesederhana implementasi di lapangan,” katanya.

Menurutnya tujuan dari kebijakan zonasi ini pada dasarnya bagus agar siswa tidak tersentralisasi di sekolah-sekolah favorit. Sistem itu justru akan menjadikan semua sekolah menjadi favorit.

(atp/pojokbandung)

loading...

Feeds