Lebaran Lewat, Akhirnya Tumpukan Sampah di Baleendah Diangkut

Tumpukan sampah di depan Pasar Baleendah, jalan Siliwangi, Kabupaten Bandung, dibersihkan petugas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bandung. FOTO:  Hakim Baihaqi/Radar Bandung

Tumpukan sampah di depan Pasar Baleendah, jalan Siliwangi, Kabupaten Bandung, dibersihkan petugas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bandung. FOTO: Hakim Baihaqi/Radar Bandung

POJOKBANDUNG.com – ‎Tumpukan sampah di depan Pasar Baleendah, jalan Siliwangi, Kabupaten Bandung, akhirnya dibersihkan petugas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bandung, Rabu (12/7/2017).

Pembersihan tersebut menggunakan 1 alat berat dan 14 truk sampah.

Tumpukan sampah setinggi 2 meter itu menumpuk sejak bulan puasa lalu, hingga pasca-lebaran ini. Kondisi itu dikeluhkan warga Kecamatan Baleendah karena bau busuknya yang menyengat.

‎Koordinator lapangan Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Kebersihan Wilayah Baleendah DLH, Ade Sujana mengatakan sampah di Pasar Baleendah menumpuk dari bulan lalu.

Ia pun menambahkan sampah tersebut tidak hanya berasal dari pasar, tetapi warga yang melintas pun kerap membuang secara sengaja.

“Volume sampah semakin meningkat pasca lebaran, karena hal tersebut tidak ada pengangkutan oleh petugas‎,” kata Ade di Pasar Baleendah, Kabupaten Bandung.

BACA JUGA:

Sampah Kian Jadi Masalah Serius di Kota Bandung

Petugas Kebersihan di Cimahi Mulai Kewalahan Bersihkan Sampah Usai Lebaran

Ade menambahkan sampah yang menggunung di pasar ini sekitar 198 kubik diangkut menggunakan 15 armada truk milik DLH Kabupaten Bandung secara bergantian menuju Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sarimukti, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat.

Agar tidak kembali menumpuk, ia berjanji untuk memerintahkan seluruh petugas untuk mengangkut sampah di Pasar Bale Endah secara rutin.

Ia pun berkelit penumpukan terjadi karena kurangnya kesadaran masyarakat terhadap pengelolaan sampah.

“Karena jarak TPA yang cukup jauh serta harus bergiliran dengan daerah lain, hal inilah yang menyebabkan pengangkutan selalu telat,” dalihnya.

loading...

Feeds