Enam Staf PDAM Bandung Berangkat ke Jepang

PDAM Tirtawening Kota Bandung

PDAM Tirtawening Kota Bandung

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtawening Kota Bandung mengirimkan enam stafnya ke Hamamatsu, Jepang. Tujuannya, untuk meningkatkan kualitas SDM PDAM.

“Pengiriman ini merupakan tindak lanjut dari kerjasama antara Pemkot Bandung dengan Pemkot Hamamatsu,” ujar Direktur Utama PDAM Tirtawening Kota Bandung Sonny Salimi , Kamis (13/7).

Sonny mengatakan, kerja sama tersebut berupa pelatihan terkait teknis dalam mengurangi kebocoran penggunaan air.

“Karenanya yang kita kirimkan adalah staf-staf yang memiliki pengalaman di lapangan, terkait pendistribusian air,” terangnya.

Rencananya, lanjut Sonny, pihaknya akan melakukan penyaringan untuk menentukan siapa saja yang akan pergi ke Hamamatsu.

“Kepergian staf ini gratis, semua biaya, termasuk akomodasi dan uang saku diberikan oleh phak hamamatsu,” tambahnya.

BACA JUGA:

PDAM Tirtawening Kota Bandung Tak Membantah Ada Praktik Curang

Hati-hati! Nunggak Bayar PDAM Bandung Bisa Ditagih Jaksa 

Sonny mengatakan, kepergian keenam orang ini nantinya akan dievaluasi. Kerja sama tersebut akan ditindaklanjuti dengan program lain. Sehingga nantinya PDAM Kota Bandung bisa menyusun kurikulum sistem perairan.

Kota Hamamatsu sendiri hanya mengalami kebocoran air minum sebesar 6 persen. Sedangkan Kota Bandung masih diangka 41 persen.

“Menurut saya, angka 6 persen kehilangan yang dialami kota Hamamatsu lebih kepada margin of error dari teknologi,” terangnya.

Sonny mengakui adanya perbedaan teknologi yang dimiliki antara Kota Hamamatsu dan Kota Bandung. Sehingga kemungkinan besar ilmu yang disalurkan kepada staf PDAM Kota Bandung belum bisa diterapkan langsung.

“Target kita sekarang, memang bukan penurunan angka kehilangan air. Tapi lebih kepada peningkatan kemampuan staf yang kami kirim ke sana,” tegasnya.

(mur)‎

loading...

Feeds

Wah! Peringkat ITB Digeser UGM

Nasir mengumumkan UGM behasil menempati posisi pertama dengan skor 3,66 poin, menggantikan ITB (3,53 poin). Di bawahnya disusul IPB