Pilwalkot Bandung 2018, KPU Butuh Biaya Segini

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Setelah hampir dipastikan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil akan melaju ke pemilihan gubernur (Pilgub) Jawa Barat dan meninggalakan Kota Bandung, pertarungan perebutan posisi Wali Kota Bandung semakin sengit.

Politikus, birokrat, maupun perseorangan memiliki hak yang sama untuk memimpin Kota Bandung dengan maju ke pemilihan walikota (pilwalkot) Kota Bandung yang menjadi bagian dari pilkada serentak 2018.

Untuk menggelar pesta demokrasi pilwalkot Kota Bandung, KPU Kota Bandung tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Komisioner KPU Kota Bandung, Divisi Hukum, Budi Tresnayadi mengatakan saat ini pihaknya sedang melakukan perancanaan program dan anggaran Pilwalkot 2018.

Dia mengatakan biaya yang dibutuhkan KPU Kota Bandung sekitar Rp55 miliar.

Baca Juga:

Ketua Karang Taruna Maju Pilwalkot Bandung, Mulai Kumpulkan KTP

Pilwalkot Bandung, 6 Kandidat Sudah di Tangan Demokrat

Pilwalkot Bandung, Hanura Sudah Punya Satu Kandidat

“Kita kemungkinan akan membutuhkan anggaran sekitar Rp55 miliar, tapi itu belum disepakati,” kata Budi Tresnayadi saat ditemui di kantornya.

Pembiayaan tersebut dialokasikan di dua tahun anggaran. Pada 2017, pemerintah kota menganggarkan Rp10,5 miliar dan pada 2018 Rp55,6 miliar, dengan total anggaran Rp61,1 miliar.

Menurutnya anggaran tersebut, akan digunakan untuk persiapan menjelang pilkada hingga penetapan hasil pilkada.

“Biaya yang paling besar untuk biaya kampanye pasangan calon, yang dianggarkan Rp 6 miliar untuk satu pasang calon,” ujar Budi Tresnayadi.

(rub)

loading...

Feeds