Ini Rupanya Alasan Pemerintah Keluarkan Perppu Ormas Anti-Pancasila

Menko Polhukam Wiranto (Dok.JawaPos.com)

Menko Polhukam Wiranto (Dok.JawaPos.com)

POJOKBANDUNG.com – Organisasi masyarakat (ormas) yang anti terhadap ideologi Indonesia harap-harap cemas.

Sebab, pemerintah telah mengeluarkan Perppu Nomor 2 Tahun 2017 tentang Perubahan atas UU Nomor 17 tahun 2013 tentang Ormas.

Setelah Perppu dikeluarkan dan disetujui DPR, maka lembaga seperti Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bisa langsung mencabut izin‎ ormas yang bertentangan dengan ideologi Indonesia.

Hal itu ditegaskan Menteri‎ Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto.

“Maka lembaga yang memberikan izin dan mengesahkan ormas itu, diberikan kewenangan untuk mencabut izin ormas itu,” ujar Wiranto dalam konferensi pers di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Rabu (12/7/2017).

Baca Juga:

Kata Pengamat, Pemerintah Terlalu Terburu-buru Bubarkan HTI

HTI Menolak Pembubaran, Siapkan Perlawanan

Pemerintah Bubarkan HTI, Begini Sikap Polda Jabar 

Sebelumnya menurutnya, selama ini lembaga yang mengeluarkan izin tidak bisa langsung mencabut izin ormas itu. Melainkan harus melalui pengadilan. Hal itu yang merujuk pada UU Nomor 17/2013 tentang Ormas.

“Karena tidak terwadahinnya asas hukum bahwa lembaga yang mengeluarkan izin atau yang memberikan pen‎gesahan bisa mencabut izin atau membatalkan,” kata mantan Panglima Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI) ini.

Sementara pada UU Nomor 17/2013 juga disebutkan ormas-ormas anti terhadap ideologi indonesia adalah yang menganut ajaran atheisme, marxisme dan leninisme.

loading...

Feeds

Ratusan Guru Cimahi Akan Dirotasi

Tahun ini rotasi dan mutasi guru Sekolah Dasar (SD) di Cimahi akan segera dilaksanakan. Hal itu dilakukan karena Cimahi kekurangan …