Tangkal Paham Terorisme dan Radikalisme, Polres Bandung Minta Bantuan Pesantren

Kegiatan ibadah di Masjid Agung Bandung. FOTO: RIANA SETIAWAN/RADAR BANDUNG

Kegiatan ibadah di Masjid Agung Bandung. FOTO: RIANA SETIAWAN/RADAR BANDUNG

POJOKBANDUNG.com – Serangan terorisme tidak lepas dari merebaknya paham radikal, baik di dalam maupun di luar negeri. Untuk mencegah meluasnya paham radikal, diperlukan peran semua pihak termasuk ulama hingga pesantren.

Maka untuk pencegahan paham teroris tersebut, Kapolres Bandung, AKBP Nazly Harahap menyatakan pesantren menjadi garda terdepan dalam menahan paham-paham tersebut.

Pihaknya, kata Nazly, sudah mengunjungi pesantren di Kabupaten Bandung. Tujuannya, pesantren diharapkan menjadi penangkal paham teroris.

Nazly mengatakan, pihaknya juga berdiskusi dengan pesantren, ulama ataupun dai bahwa gerakan radikalisme bertentangan dengan ideologi Pancasila.

“Mari sama-sama membahu karena terorisme dan radikalisme adalah musuh besar,”‎ kata Nazly seusai Apel Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara di Jalan Al Fathu, Soreang, Kabupaten Bandung, kemarin (10/7/2017).

BACA JUGA:

Komisi I DPR Curigai Daerah Urban Jadi Sarang Teroris

Orangtua Agus Wiguna, Pelaku Bom Buahbatu Bandung Pasrah Anaknya Ditangkap Polisi

Polisi Selidiki Surat Bertuliskan JAD di Kamar Agus Wiguna

Pelaku Bom Panci Bandung Penyendiri, di Masjid pun Enggan Salat Berjamaah

Polisi Bawa Barang Bukti Bahan Peledak dari Rumah Perakit Bom Buahbatu Bandung

Menurutnya, sasaran teroris tidak hanya masyarakat, melainkan juga polisi seperti dalam penyerangan yang terjadi di Polda Sumatera Utara beberapa waktu lalu.

Bupati Bandung‎ Dadang M Naser menyatakan masyarakat harus paham dalam membedakan jihad dan jahat. Hal ini bisa dijelaskan alim ulama maupun pesantren.

“‎Wawasan agar umat paham betul mana yang jihad mana yang jahat. Itu harus dipahami termasuk peran pesantren, peran ulama, peran tokoh masyarakat, termasuk RT/RW dan antisipasi terhadap mereka yang menyusup harus segera dikordinasikan dengab pihak kepolisian dan TNI,” ujarnya.

(kim)‎

loading...

Feeds

Ketua Umum PBNU, Said Aqil Siradj (Dok.JawaPos)

NU Kutuk Pemerintah Israel  

Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Said Aqil Siradj, mengutuk penguasaan kawasan Masjid Al Aqsa oleh pemerintah Israel.