Cimahi Keberatan Wacana Pemotongan Dana Alokasi Umum

Sekretaris Daerah Kota Cimahi, Muhammad Yani

Sekretaris Daerah Kota Cimahi, Muhammad Yani

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Rencana pemerintah pusat melakukan pemotongan Dana Alokasi Umum (DAU) sebesar 3 hingga 4 persen dianggap bakal memengaruhi keuangan daerah, termasuk di Kota Cimahi.

Sekretaris Daerah Kota Cimahi Muhammad Yani, menilai pemotongan DAU oleh pemerintah pusat akan membuat daerah kesulitan melakukan suatu pembangunan. “Kami keberatan dan saya rasa bukan Cimahi saja kalau soal anggaran semua daerah yang mengalami kesulitan pembiayaan pembangunan akan keberatan,” tuturnya.

Secara hitung-hitungan, sebutnya, kebutuhan pembangunan Kota Cimahi idealnya mencapai Rp 2 triliun per tahun. Sementara APBD hanya berkisar Rp 1,5 triliun. “Kalau sudah kebijakan dari pusat, mau tidak mau, pemerintah harus bisa mengamankan seluruh dana yang ada. Intinya harus dicukup-cukupkan,” katanya.

Jika rencana pemotongan DAU hingga 4%, lanjut dia, jelas itu akan mempengaruhi keuangan daerah. Selama ini, keuangan Kota Cimahi mayoritas bersumber dari pusat. Sebesar 57% APBD Kota Cimahi berumber dari pemerintah pusat, 27% dari bantuan provinsi, 20% dari Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Cimahi.

“Jadi, dengan pengurangan dana dari pusat, sebetulnya 4 persen memang cukup berpengaruh. Rp 20 miliar itu sangat besar,” lanjutnya.

Ia melanjutkan, pengurangan DAU juga akan membuat sejumlah program kegiatan, baik fisik maupun non fisik akan terkena dampaknya. Untuk mengantisipasi kebijakan tersebut, kemungkinan pemerintah akan melakukan evaluasi untuk melihat kembali program kegiatan mana saja yang akan jadi prioritas dan mana saja yang akan ditunda pelaksanannya.

“Harus kita sikapi terhadap defisit yang terjadi di daerah yang terdampak pengungaran. Kita kembali meneliti kegiatan mana yang bisa ditunda, atau diluncurkan tahun depan,” pungkasnya.

(gat)

loading...

Feeds

Carlton Cole resmi gabung Persib (Twitter @Persib)

Saatnya Pembuktian, Cole!

Eks pemain West Ham United dan timnas Inggris itu dimasukkan karteker pelatih Persib Herrie Setiawan ke dalam daftar pemain yang …