Sembilan OPD Mitra Komisi IV DPRD Jabar Sumbang SiLPA Rp 174 Miliar

Wakil Ketua Komisi IV DPRD Jabar, Daddy Rohanady

Wakil Ketua Komisi IV DPRD Jabar, Daddy Rohanady

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG- Wakil Ketua Komisi IV DPRD Jabar, Daddy Rohanady  mengatakan, hasil rapat kerja dengan 9 OPD mitra Komisi IV yang membahas P2APBD Jabar 2016, terungkap bahwa 9 OPD mitra Komisi IV menyumbang Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran (SiLPA) Rp174 miliar.

Dari total itu, ada lima OPD penyumbang terbesar yaitu disumbang oleh Dinas Perumahan dan Pemukiman sebesar Rp 77 miliar; Dinas PSDA sekitar Rp 43 miliar dan Dinas Perhubungan sekitar Rp 25 miliar, Bappeda sebesar Rp 9 miliar dan Dinas BMPR Rp 8 miliar lebih dan OPD Lain juga turut menyumbang Silpa.

Menurut Daddy, dari 9 OPD mitra Komisi IV ada 3 OPD yang serapan anggarannya kecil yaitu Dinas Perumahan dan Pemukiman (Disperkim) mencapai  76,74 persen, Dinas Perhubungan (80,26 persen)  dan Dinas PSDA (87,48 persen). Sedangkan serapan anggaran tertinggi  Dinas BMPR sebesar 99,24 persen.

Hanya saja Perkim walaupun penyerapan anggaran rendah  namun dalam realisasi fisiknya mencapai 93,08 persen. Namun untuk Dishub  terburuk dalam realisasi fisiknya, karena hanya 85, 07 persen;  Dinas PSDA sebesar  93,46 persen. Sedangkan Dinas BMPR realisasi fisik mencapai 100 persen.

“Hal ini tentunya menjadi cacatan bagi Komisi  terkait serapan anggaran, karena bagaimanapun ketika kita berbicara serapan P2APBD   tentunya konsentrasi tentang serapan anggaran dan realisasi fisik,” ujar Daddy belum lama ini.

Lebih lanjut ia mengatakan, kendala ke tiga OPD tersebut, diantaranya  gagal lelang terjadi di Dinas Perkim (Silpa  mencapai Rp.77 miliar), ada selisih lelang cukup tinggi, hal ini terjadi di Dinas SDA yang peserta lelangnya menawar cukup rendah yaitu sekitar 80% jadi kalau dirata-rata, sehingga cukup tinggi terhadap Silpa.

loading...

Feeds

situs-hti-diblokir-ini-jawaban-pemerintah_m_146139

Situs Hizbut Tahrir Indonesia Diblokir

POJOKBANDUNG.com- SITUS resmi Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) ditutup pemerintah sejak Sabtu (22/7), Setelah resmi dibubarkan. Dirjen Aplikasi Informatika Kemenkominfo, Semuel …