Candi Cangkuang, Candi Satu-satunya yang Tersisa di Jawa Barat

Candi Cangkuang di Kecamatan Leles, Kabupaten Garut. (ist)

Candi Cangkuang di Kecamatan Leles, Kabupaten Garut. (ist)

POJOKBANDUNG.com- EMPAT gunung mengelilingi daerah Cangkuang yang berada di Kecamatan Leles, Kabupaten Garut. Gunung itulah yang menjadi penanda dan bingkai panorama saat berada di kawasan Situ Cangkuang, lokasi Candi Cangkuang berada. Itu menjadi satu-satunya candi peninggalan Hindu yang berada di Jawa Barat. Namun ada pula peninggalan Islam di sana. Kok bisa?

Ya, di situs Candi Cangkuang terdapat makam Arif Muhammad. Dia merupakan panglima perang Kerajaan Islam Mataram yang ditugaskan saat menyerang Batavia. Namun karena gagal, dia lantas tidak mau lagi kembali ke Mataram. Tetapi lebih memilih menetap dan mengajarkan agama Islam di satu daerah di Kabupaten Garut, yang kini bernama Cangkuang.

BACA JUGA:

Wow, Museum Peninggalan Belanda di Subang Simpan Ayat Alquran yang Ditulis pada Kulit Binatang

Heboh di Medsos, Video Ibadah Aneh Puluhan Jamaah di dalam Masjid

Naskah Quran dan doa-doa bertuliskan Arab gundul itu menjadi bukti peninggalannya. Usianya sudah ratusan tahun atau diperkirakan dari abad ke-17. Naskah itu masih terawat dan saat ini disimpan di museum yang terletak tak jauh dari area Situs Candi Cangkuang. Makam Arif Muhammad sendiri terletak berdekatan dengan bangunan candi. “Naskah itu peninggalan Arif Muhammad saat menyebarkan Islam, dan terbuat dari pelepah kulit kayu saeh,” tutur Juru Pelihara Badan Pelestarian Cagar Budaya Banten, Jiji Suparji.

Situs Cangkuang sendiri memang dikelola BCPB Banten. Setiap hari libur, kawasan ini kerap ramai oleh pengunjung dari berbagai daerah. Tak terkecuali penduduk setempat. Ada pula yang bertujuan untuk berziarah, sambil mengenal sejarah. Kompleks Situs Cangkung memang punya kekhasan sebagai tempat wisata.

loading...

Feeds