Konstruksi Kereta Cepat Jakarta-Bandung Dimulai

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKBANDUNG.com- DIREKTUR Utama PT Wijaya Karya (Persero) Tbk Bintang Perbowo mengatakan pembangunan konstruksi kereta cepat Jakarta-Bandung dimulai Jumat (7/7) kemarin. “Iya (pembangunan dimulai),” katanya saat dikonfirmasi di Kementerian BUMN, Jakarta.

Namun, ia tak menjelaskan lokasi pasti pembangunan. Begitu pula saat ditanya mengenai pencarian dana pinjaman dari China Development Bank.

BACA JUGA:

Pemerintah Harus Rajin Sosialisasi ke Masyarakat Terdampak Proyek Kereta Cepat

Ini yang Harus Jadi Prioritas Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Menurut Bintang, pencarian dana menunggu konstruksi dimulai. “Pinjaman akan dicairkan setelah kami mulai,” ujarnya. Saat ini PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) tinggal menyerahkan dokumen persyaratan yang diajukan China Development Bank (CDB).

KCIC telah mendapatkan komitmen pinjaman dari CDB senilai US$ 4,5 miliar. Fasilitas pinjaman itu setara 75 persen dari kebutuhan pembiayaan proyek kereta cepat US$ 6 miliar. Sisanya akan dipenuhi dari modal para pemegang saham kedua sisi, baik dari Indonesia maupun Cina.

Proyek kereta cepat sudah dimulai sejak tahun lalu. Groundbreaking (peletakan batu pertama) proyek tersebut dilakukan pada 21 Juni 2016. Pembangunan tak kunjung terlaksana karena terhambat pembebasan lahan dan pembiayaan.

(peh/tem)

 

 

loading...

Feeds

Selamat Datang Lagi, Spaso

Ada pemain yang patut ditunggu performanya dalam pertandingan Persib Bandung kontra Bhayangkara FC, Minggu (24/9) pukul 15.00 Wib.