Alhamdulillah… Harga Gas Elpiji 3 Kg Batal Naik

Elpiji 3 kg

Elpiji 3 kg

POJOKBANDUNG.com- HARGA gas elpiji 3 kilogram (kg) atau gas melon batal naik. Disebutkan, pemerintah memilih menunda rencana tersebut. Untuk merealisasikannya, Kabinet Kerja menambahkan subsidi Rp 25 triliun dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (RAPBN-P).

Menteri Koordinator Perekonomian (Menkeu) Darmin Nasution mengatakan, penambahan subsidi energi tersebut dilakukan karena ada kenaikan harga komoditas dunia, termasuk minyak dan gas.

“Subsidi bisa saja tidak dinaikkan, tapi harga jual (gas) harus disesuaikan. Hal ini tentu akan mempengaruhi daya beli dan kesejahteraan masyarakat. Jadi, titik tengahnya pemerintah menunda kenaikan walaupun jumlah subsidi akan lebih tinggi,” paparnya.

Darmin menyebutkan, kerangka perubahan anggaran, khususnya subsidi energi di RAPBN-P 2017 naik Rp 25,8 triliun, menjadi Rp 103,1 triliun dari APBN tahun ini yang dipatok Rp 77,3 triliun.

Rinciannya, anggaran subsidi bahan bakar minyal (BBM) dan elpiji diusulkan ditambah Rp 18,8 triliun dari Rp 32,3 triliun pada APBN 2017 sehingga menjadi Rp 51,1 triliun di RAPBN-P 2017.

Terdiri dari, subsidi BBM tahun berjalan naik Rp 300 miliar menjadi Rp 10,6 triliun dari sebelumnya Rp 10,3 triliun. Sedangkan subsidi elpiji 3 kg meningkat paling tinggi sebesar Rp 18,5 triliun, dari Rp 22 triliun menjadi Rp 40,5 triliun di RAPBN-P 2017.

Selain harga komoditas naik, Darmin mengatakan, kenaikan subsidi BBM dan elpiji juga dipicu penundaan penyesuaian harga jual eceran tabung gas melon Rp 1.000 per kg, dan tidak berjalannya kebijakan pembatasan alokasi subsidi elpiji 3 kg (distribusi tertutup) Rp 10 triliun.

Sementara subsidi listrik diusulkan naik Rp 7 triliun dari Rp 45 triliun di APBN 2017 menjadi Rp 52 triliun. Hal tersebut, menurut Darmin, dipengaruhi faktor perubahan asumsi sebesar Rp 1,4 triliun, pembatasan subsidi listrik untuk pelanggan rumah tangga 450 volt ampere (VA) yang tidak berjalan sebesar Rp 3,9 triliun.

loading...

Feeds

Tegangnya Palagan Ambarawa di Cimahi

Pertumpahan darah pun tersaji setelah para sekutu menyerang dalam perang Palagan Ambarawa. Para pejuang maupun sekutu banyak yang tewas tergeletak …