Kata Menpan, 60 Persen PNS Gak Punya Kompetensi

PNS. Foto: ilustrasi

PNS. Foto: ilustrasi

POJOKBANDUNG.com- MENTERI Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Asman Abnur mengungkapkan, sebanyak 60 persen pegawai negeri sipil (PNS) yang saat ini aktif hanya memiliki kemampuan administratif.

Padahal, tuntutan masyarakat akan pelayanan publik yang prima dan profesional makin tinggi. Oleh karena itu, kesempatan pendidikan bagi para ASN harus menjadi prioritas utama bagi pemerintah.

“ASN butuh pendidikan yang baik. Pengelolaan negara yang efektif dan efisien memerlukan ASN yang tidak hanya berkemampuan administratif,. Hanya 40 persen yang punya kompetesi,” ujar Asman.

Untuk meningkatkan kemampuan PNS, berbagai pendidikan dan pelatihan perlu digenjot. Selain itu, beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) yang disediakan pemerintah perlu ditingkatkan guna mendongkrak mutu pendidikan putra-putri Indonesia.

Makin banyak PNS yang menikmati pendidikan, angka aparatur yang berkemampuan dan berkeahlian bisa ditingkatkan. “Kualifikasi ASN merupakan hal yang sangat krusial. Oleh karena itu kesempatan pendidikan yang disediakan pemerintah melalui beasiswa LPDP ke depannya agar lebih diprioritaskan bagi para aparatur negara,” ujar Asman.

(esy/jpnn/pojokbandung)

loading...

Feeds

Selamat Datang Lagi, Spaso

Ada pemain yang patut ditunggu performanya dalam pertandingan Persib Bandung kontra Bhayangkara FC, Minggu (24/9) pukul 15.00 Wib.