Tak Peduli Pro Kontra, DPRD Cimahi Sambut Baik Kenaikan Tunjungan

Ketua DPRD Cimahi Achmad Gunawan

Ketua DPRD Cimahi Achmad Gunawan

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI- Ketua DPRD Kota Cimahi Achmad Gunawan menilai kebijakan Presiden Joko Widodo menaikkan tunjangan untuk anggota dewan dinilai sudah tepat.

Apalagi, kenaikkan tunjangan itu dianggapnya tidak akan membebani APBD. Presiden Joko Widodo menaikan tunjangan anggota dan pimpinan DPRD se-Indonesia, hal itu sesuai PP No 18/2017 tentang Hak Keuangan dan Administratif Pimpinan dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah. Aturan soal tunjangan bagi anggota DPRD yang sebelumnya diatur dalam PP 24/2004 tidak lagi berlaku.

BACA JUGA:

Kenaikan Rencana Tunjangan Sewa Rumah Dinas Anggota Dewan Dibatalkan

Kalau Sekadar Gagah-Gagahan, Pembelian Laptop Dewan Batalkan Saja

Menurut Achmad, DPRD sangat membutuhkan kenaikan tunjungan, salah satunya karena selama 12 tahun tidak pernah ada kenaikan tunjangan. Namun, dengan kenaikan tunjangan itu. pihaknya menjanjian akan adanya peningkatan kinerja sebagai wakil rakyat.

“Kenaikan tunjangan disesuaikan dengan kemampuan daerah. Saya kira tidak akan ada pembengkakan anggaran,” katanya. Ia menjelaskan, dari kenaikan tunjangan ini, anggota DPRD akan menerima tunjangan transportasi, namun mobil dinas akan ditarik. Sedangkan empat pimpinan DPRD tetap memiliki kendaraan dinas tapi tidak menerima tunjangan transportasi.

Sementara Pimpinan DPRD yang memiliki rumah dinas akan menerima tunjangan rumah tangga, sedangkan pimpinan DPRD yang tidak memiliki rumah dinas tidak akan diberi tunjangan rumah tangga. “Tapi tetap diberikan uang sewa rumah,” jelasnya.

loading...

Feeds