Kaesang Jokowi Kritisi Fenomena Anak-anak yang Nyanyi Lagu “Bunuh Ahok” Sambil Pawai Obor, Begini Pendapat Psikolog

Kaesang Pengarep dalam vlog berjudul #BapakMintaProyek di YouTube.

Kaesang Pengarep dalam vlog berjudul #BapakMintaProyek di YouTube.

POJOKBANDUNG.com – Putra Presiden Joko Widodo Kaesang Pangarep tersandung kasus hukum. Kaesang dilaporkan ke polisi terkait video blog (vlog) miliknya dengan konten kritik kepada video anak-anak yang menyebutkan kalimat ’’Bunuh Ahok” saat melakukan pawai obor.

Dari kaca mata psikolog, tentu kalimat ’’bunuh Ahok” tak bisa dibenarkan diucapkan oleh anak-anak.

Psikolog Klinis Liza Marielly Djaprie menilai kalimat ekstrim yang terlontar oleh anak-anak tersebut sangat mengkhawatirkan. Apalagi dilontarkan dalam bentuk nyanyian bernada “Menanam Jagung” secara massal dengan santai.

“Itu sebenernya agak mengkhawatirkan ya. Kita harus paham dulu, cara berpikir orang dewasa dan anak-anak itu berbeda,” kata Liza kepada JawaPos.com, Rabu (5/7/2017).

Baca Juga:

Kaesang Jokowi Dilaporkan Muhammad Hidayat ke Polisi

Kaesang Soal Minta Proyek ke Jokowi: Dasar Ndeso!

Waduh! Netizen Ini Bandingkan Ketampanan Pangeran Arab dengan Kaesang

Liza menganalogikan otak anak-anak sebagai spons untuk mencuci piring. Apa pun airnya, pasti spons tersebut dapat menyerap. Begitu pula otak anak-anak yang menyerap apa pun dan siapa pun yang mengajarinya.

“Otak anak-anak itu spons pencuci piring, asal menyerap air. Air apa saja diserap. Sirup, air mentah, apa pun juga diserap. Daya logis berpikir analitikal mereka belum berfungsi dengan baik. Seperti spons menyerap apa yang ada,” jelasnya.

Liza menjelaskan tentu terbayang jika anak diharuskan menyerap apapun soal kebencian dan agresivitas seperti yang ada di video tersebut. Hal itu, lanjutnya, akan berdampak hingga di masa depan.

loading...

Feeds

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise memberikan anugerah Kota Layak Anak 2017 kepada Gubernur Jabar, Ahmad Heryawan.

15 Kabupaten/Kota di Jabar Sudah Layak Anak

POJOKBANDUNG.com, PEKANBARU- Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise memberikan anugerah Kota Layak Anak 2017 kepada 126 Kabupaten/Kota se-Indonesia, …