Apa Kabar Pembangunan Tol Cisumdawu?

Proyek Tol Cisumdawu

Proyek Tol Cisumdawu

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) yang juga diproyeksikan sebagai akses menuju Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati, Kabupaten Majalengka mulai menuju tahap rancang bangun oleh PT Jasa Sarana yang merupakan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), sekaligus bagian dari konsorsium Citra Karya Jabar Tol (CKJT).

Direktur Utama PT Jasa Sarana Mulyadi mengatakan, koordinasi telah dilakukan dengan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-PR), Lintas Marga Sedaya (LMS) sebagai operator Tol Cikampek-Palimanan (Cipali), dan CKJT sendiri sebagai pengembang Tol Cisumdawu.

BACA JUGA:

Tol Cisumdawu Terhambat Pembebasan Lahan

Terkendala Sengketa Pembebasan Lahan, Pembangunan Tol Cisumdawu Terkatung-Katung

Proyek Tol Cisumdawu Jadi Prioritas

Disaat bersamaan, pihaknya pun mengaku terus berkoordinasi dengan Pemkab Majalengka untuk penentuan akses bandara tersebut. “Koordinasi dengan BPJT dilakukan untuk mendapatkan opsi akses bandara dari Tol Cipali atau Tol Cisumdawu menuju Bandara Kertajati. Koordinasi dengan Pemkab Majalengka dilakukan untuk mendapatkan tiga titik opsi akses bandara yang paling memungkinkan,” terangnya.

“Koordinasi dengan CKJT dilakukan terkait pembiayaan karena ada porsi lahan yang diperlukan untuk akses tersebut. Apakah disiapkan lahan oleh Pemprov Jabar dengan penyertaan modal ke Jasa Sarana atau oleh konsorsium,” ia melanjutkan.

Berdasarkan data BPJT per April 2017, pembangunan Tol Cisumdawu, terutama pembangunan kontruksi seksi II yang menghubungkan Tanjungsari-Sumedang sudah mencapai 79,10%. Secara keseluruhan, progres pembangunan Tol Cisumdawu kini sudah 21,8%.

loading...

Feeds