Pembangunan Pelabuhan Patimban Terganjal Dana Pembebasan Lahan

Lokasi pelabuhan patimban, Subang, Jawa Barat. (ist)

Lokasi pelabuhan patimban, Subang, Jawa Barat. (ist)

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Proyek Pelabuhan Patimban, Kabupaten Subang, diprediksi bisa beroperasi tahun 2019 mendatang.

Saat ini, proyek pemerintah pusat yang diproyeksikan untuk meningkatkan perekonomian itu menunggu pencairan anggaran terkait pembebasan lahan untuk akselerasi lanjutan pembangunan.

Demikian disampaikan Bupati Subang, Imas Aryumningsih saat ditemui di sela halalbihalal di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Selasa (4/7/2017).

Ia mengatakan, diperkirakan pencairan pembebasan lahan akan dilakukan akhir tahun ini.

“Semua dananya dari pemerintah pusat. Dari informasi yang saya dapatkan, total anggaran yang dibutuhkan untuk membangun (pelabuhan) itu sebesar Rp43 triliun, kalau pembebasan lahannya Rp500 miliar,” katanya.

Baca Juga:

Lokasi dan Amdal Pelabuhan Patimban Subang Rampung

Jepang Siapkan Rp43 Triliun untuk Pelabuhan Patimban Subang

Pembangunan Pelabuhan Patimban Ditargetkan Tuntas 2018

Setelah pencairan dilakukan, pengerjaan konstruksi langsung digenjot sesuai arahan presiden. Sebelumnya, kata Imas, pemerintah pusat bersama provinsi dan kabupaten Subang sudah merampungkan penetapan lokasi reklamasi.

Penetapan lokasi pembangunan tersebut meliputi wilayah di dua kecamatan di Kabupaten Subang, yakni Desa Patimban, Desa Kalentambo, Desa Gempol, Desa Pusakaratu, dan Desa Kotasari di Kecamatan Pusakanagara.

Sedangkan di Kecamatan Pusakajaya akan meliputi Desa Pusakajaya.

“Total daratan seluas 710 hektar. Penetapan lokasi sudah rampung, sudah pendataan lahan juga. Tinggal menunggu pencairan dari pusat, semua diatur pusat termasuk pengawasannya,” terangnya.

loading...

Feeds