Banyak Manfaat Besar di Balik Kegiatan Donor Darah

ilustrasi

ilustrasi

POJOKBANDUNG.com – Mengurangi resiko penyakit jantung, jajaran Polisi Resor (Polres) Bandung melakukan donor darah massal sehubungan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke 71 di Gedung Sabilulungan, jalan Al Fathu, Soreang, Kabupaten Bandung.

Bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bandung, Polres Bandung berupaya menanamkan pentingnya donor darah untuk jantung yang lebih sehat, karena pendonor memiliki 88% resiko terkena serangan jantung.

Ratusan anggota Polres Bandung beserta keterwakilan masing-masing Polsek sejak pagi telah mengantre untuk melakukan proses administrasi dan donor darah.

Perwira Urusan Kesehatan Dokter Polisi Polres‎ Bandung, Penata Leny Marliantini menuturkan kegiatan donor darah ini dilaksnakan tidak hanya untuk pencegahan penyakit jantung saja.

Ia mengungkapkan sejumlah manfaat donor darah, selain aksi kemanusiaan.

“Selain sehat, donor darah menjadi cara untuk regenerasi sel darahnya dan bagian juga dari terapi penyakit jantung serta stroke,” kata Leny saat ditemui di Gedong Sabilulungan, Kabupaten Bandung, Rabu (5/7/2017).

Leny menyebutkan hanya anggota yang dapat memenuhui syarat diizinkan untuk donor darah. Syaratnya, dilihat dari umur 17 tahun ke atas, berat badan minimal 45 kg, tensi darah minimal 100 dan maksimal 170 dalam kondisi normal.

Kegiatan donor darah ini melibatkan enam dokter, yang terdiri dari empat Dokter Polres Bandung dan dua Dokter umum, serta lima belas tenaga medis, enam dari Polres Bandung dan sembilan dari pihak Dokter umum.

Leny berharap dengan kegiatan donor darah ini, bertepatan dengan momen HUT Bhayangkara ke 71. Diharapkan anggota Polres Bandung dapat membantu masyarakat banyak, tidak hanya donor darah.

“Alhamdullilah, anggota yang mengikuti donor darah sehat. Baik rohani atau jasmaninya,” ujarnya.

Sementara Kepala Bagian (Kabag) Sumber Daya Polres Bandung, Kompol Kurnia mengatakan donor darah tersebut diikuti 500 anggota Polres Bandung. Ia menambahkan kegiatan donor darah ini akan terus dilakukan tidak hanya sehubungan dengan HUT Bhayangkara.

“Selain itu menanamkan pemahaman kepada masyarakat mengenai pentingnya donor darah untuk kesehatan,” tandasnya.

(kim)

loading...

Feeds