Pembangunan Pintu Tol Soroja Sudah Dimulai, September 2018 Kelar

Ilustrasi tol. (Dok.JawaPos.com)

Ilustrasi tol. (Dok.JawaPos.com)

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Proyek jalan tol Soreang Pasirkoja (Soroja) ditarget beroperasi penuh pada September 2018.

PT Jasa Sarana, BUMD milik Pemprov Jabar yang menjadi salah satu pemegang saham PT Citra Marga Lintas Jabar (CMLJ), meminta maaf kepada masyarakat yang mengharapkan jalan bebas hambatan tersebut segera beroperasi.

Direktur PT Jasa Sarana, Mulyadi mengatakan, pembangunan fisik Tol Soroja hingga akhir Mei lalu sudah mencapai 74 persen. Agustus ini diperkirakan pembangunan kontruksi jalan sudah tuntas sepenuhnya.

“Pembangunan pintu tolnya sudah dimulai, nanti disambungkan ke Cileunyi,” ujar Mulyadi kepada wartawan di Gedung Sate, Bandung, Senin (3/7/2017).

Baca Juga:

Tol Soroja Ditarget Selesai Maret, Bupati: “Saya Pesimis Euy”

Ini Penyebab Mandeknya Pembangunan Tol Soroja

Tol Soroja Dipastikan Mangkrak

Ia mengakui, proyek tersebut terlambat enam bulan karena terganjal masalah pembebasan lahan seperti pembebasan tanah wakaf dua masjid yang berposisi tepat di badan jalan.

Selain itu masalah cuaca dan model pencarian tanah yang berbeda. Awalnya tanah direncanakan urugan
tetapi saat ini berupa beton.

“Ada masalah irigasi juga, kalau diurug semua akan berpotensi banjir besar, maka ini ada upaya agar penyerapan air masih leluasa,” terangnya.

Infrastruktur tersebut diharapkan segera selesai agar menjadi solusi mengurangi kemacetan, menumbuhkan ekonomi masyarakat tetapi tetap menjaga daerah resapan air di sepanjang jalan sepanjang 10,55 km itu.

Terkait tanah wakaf, Sekda Jabar Iwa Karniwa menjelasakan meski pembebasan lahan sudah nyaris selesai, tetapi salah satu masjid masih menunggu tahap pembangunan. Tidak cukup hanya sebatas pembebasan lahan.

Maka pihak kontraktor pun mendesain ulang masjid, tepatnya di daerah Citeureup dan Tegal Caang, Kabupaten Bandung.

“Secara anggaran tidak ada masalah. Target kami Soroja ini cepat selesai, tapi fenomena di lapangan tidak semudah membalikkan telapak tangan,” tegasnya.

(atp/pojokbandung)

loading...

Feeds