Macet Juga Ada Berkahnya, Situ Cileunca Jadi Tujuan Wisata

situ cileunca

situ cileunca

POJOKBANDUNG.com – Objek wisata Situ Cileunca di Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung mulai diburu wisatawan. Peningkatan kunjungan tersebut, akibat seringnya jalur wisata Ciwidey macet parah di saat musim libur.

“Alhamdulilah sekarang ada peningkatan pengunjung, mungkin ini dampak dari kemacetan menuju berbagai objek wisata di kawasan Ciwidey,” kata Koordinator Pengelola objek wisata Situ Cileunca, Surnita, Minggu (2/7/2017).

“Pada musim libur lebaran tahun lalu pengunjung Situ Cileunca kurang lebih sebanyak 6.000 orang pengunjung selama sepekan setelah Idul Fitri. Sedangkan untuk tahun ini, ada kenaikan 10 persen yakni sekitar 8.000 orang pengunjung.”

BACA JUGA:

Pengusaha Sayuran Rugi Jutaan Rupiah Akibat Kemacetan Parah di Jalur Wisata Lembang

Marah Bandung Dikotori Wisatawan, Ridwan Kamil: Malu Lah dengan Semangat Ramadhan Kemarin

Menurut dia, calon pengunjung yang hendak berlibur ke Ciwidey mengalihkan tujuannya ke Situ Cileunca. Puncak kunjungan di Situ Cileunca terjadi pada H+1 atau Selasa (27/7).

“Biasanya, pengunjung yang datang ke Situ Cileunca adalah rombongan keluarga. Para pengunjung keluarga ini, selain menikmati keindahan alam pegunungan, mereka juga bisa menaiki perahu wisata mengelilingi situ,” tandasnya.

Selain itu, kata dia, ada juga pengunjung yang tertarik dengan aktivitas pariwisata minat khusus, yakni arum jeram. Kedua aktivitas wisata di Situ Cileunca tersebut adalah andalan objek wisata ini.

“Kalau wisatawan keluarga yah biasanya botram makan-makan dan naik perahu wisata. Nah kalau wisata minat khusus ada arung jeram, ini salah satu daya tarik Cileunca, karena memang tidak semua objek wisata di Kabupaten Bandung ada arung jeramnya,” ucapnya.

Surnita mengakui, jumlah kunjungan wisatawan ke Situ Cileunca di Pangalengan, belum sehebat berbagai objek wisata yang ada di kawasan Ciwidey. Meski demikian, ia optimistis dengan segala potensi wisata alam yang ada, di masa mendatang objek wisata Situ Cileunca bisa bersaing dengan Ciwidey.

“Wisatawan itu cerdas, lama-lama mereka enggak mau macet-macetan dan padat pengunjung. Mereka kan butuh ketenangan, pasti akan beralih ke Situ Cileunca yang tenang dan objek wisatanya tak kalah dengan Ciwidey,” pungkasnya.

(apt)

loading...

Feeds