Pasca Lebaran, Gubernur Aher Sarankan Masyarakat Tetap Tinggal di Desa

Gubernur Jabar Ahmad Heryawan

Gubernur Jabar Ahmad Heryawan

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Isu meledaknya angka migrasi masyarakat desa ke kota pasca Lebaran sering hadir setiap tahunnya.

Sanak keluarga yang merasa dirinya memiliki kehidupan yang lebih baik setelah pindah ke kota, tak sungkan mengajak saudara atau tetangganya di desa untuk mengikuti jejak langkahnya mengadu nasib ke kota.

BACA JUGA:

Pemkot Bandung: Jangan Bawa Saudara yang Tak Punya Keahlian Saat Balik Lebaran

Catat, Inilah Kerugian Anda Jika Tak Urus Surat Pindah

Migrasi menjadi salah satu persoalan dalam proses pengendalian populasi, fenomena arus balik setiap tahun selalu diikuti pergerakan tenaga kerja menuju Kota. Namun, tidak semua pekerja migran memiliki kemampuan yang cukup untuk ‘bekal hidupnya’ di kota.

Hingga pada akhirnya, sesampainya mereka ke Kota, kondisi pekerjaan yang diharapkan tidak sesuai dengan yang dibayangkan. Akibatnya, pasca-Lebaran, jumlah pekerja sektor informal meningkat di perkotaan.

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) mengimbau masyarakat tidak mudah tergiur dengan gemerlapnya kota. Aher menilai tidak ada sama sekali jaminan seorang yang merantau ke kota akan sukses. Namun, yang menjadi faktor utama suksesnya seseorang adalah keterampilan yang dimilikinya.

“Pertama tentu kepada para masyarakat, jangan tergiur dengan kota, boleh jadi kota itu menggiurkan tapi belum tentu ada jaminan keberhasilan, kesuksesan, kalau mau merasakan hidup di kota dipersilahkan dengan keahlian yang baik, tidak coba-coba, dan sudah diperhitungkan secara matang,”  kata Gubernur Aher, di Gedung Sate Bandung, Minggu (2/7/2017).

loading...

Feeds

Selamat Datang Lagi, Spaso

Ada pemain yang patut ditunggu performanya dalam pertandingan Persib Bandung kontra Bhayangkara FC, Minggu (24/9) pukul 15.00 Wib.