Subhanallah, Berkat Mudik Lebaran Indonesia Jadi Terhindar dari Virus Petya

Ransomware Petya. Foto ilustrasi: youtube

Ransomware Petya. Foto ilustrasi: youtube

POJOKBANDUNG.com – Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menyatakan, lebaran membuat Indonesia untuk sementara terbebas dari serangan ransomware bernama Petya.

Sebab, mudik Lebaran yang disertai libur panjang membuat aktivitas perkantoran terhenti sehingga virus tersebut tak menyerang jaringan komputer.

“Di Indonesia alhamdulillah ada lebaran. Di luar negeri tidak ada mudik dan libur begitu panjang, sehingga terpapar virus saat seluruh kantor sedang aktif,” ujar Rudi dalam jumpa pers di Jakarta, Jumat (30/6/2017).

Baca Juga:

Bahaya, Begini Dampak Buruk bagi Kesehatan Kalau Lagi Kesepian

Virus Wanna Cry, Begini Kata Badan Intelijen Negara

Rudi mengatakan, aktivitas perkantoran di Indonesia baru dimulai Senin lusa (3/7/2017). Karenanya Kemenkominfo pun merasa perlu menyampaikan peringatan dini sebelum aktivitas perkantoran dimulai.

“Kami sejak Rabu (28/6/2017) memelototi persebaran virus. Hari ini (30/6/2017) gelar konferensi pers dan Sabtu-Minggu terus sosialisasi,” papar mantan petinggi di sejumlah perusahaan telekomunikasi itu.

Rudi menambahkan, sosialisasi gencar tentang antisipasi atas serangan Petya perlu dilakukan karena malware jahat itu bisa menyerang sektor vital seperti perhubungan, perbankan dan energi.

Belajar dari kasus serangan ransomware Petya di Ukraina yang menyasar sistem ATM, Rudi tak mau hal itu sampai terjadi di Indonesia.

loading...

Feeds