Inikah Solusi Kemacetan di Jalur Selatan Jawa Barat?

Gubernur Jabar Ahmad Heryawan, Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Menteri Kesehatan Nila Djuwita F. Moeloek saat meninjau Cileunyi, Bandung.

Gubernur Jabar Ahmad Heryawan, Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Menteri Kesehatan Nila Djuwita F. Moeloek saat meninjau Cileunyi, Bandung.

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Gubernur Jabar Ahmad Heryawan mengaku sudah mengajukan ke pemerintah pusat beberapa rencana pembangunan infrastruktur jalan di jalur selatan arah timur sebagai solusi jangka panjang dalam mengatasi kemacetan.

Namun hingga kini belum ada respons sehingga penanganan kemacetan terutama pada saat hari-hari besar seperti momen Idul Fitri ini dilakukan dengan rekayasa lalu lintas.

Sejak tahun lalu, Pemprov Jabar sudah mengajukan upaya pelebaran jalan dari Limbangan (Garut) sampai Tasikmalaya secara menyeluruh.

BACA JUGA:

H+4 Arus Balik Lebaran, Kemacetan Parah Terjadi di Jalur Gentong. Ini Penyebabnya

Antrean Kendaraan Pemudik Padati Lingkar Gentong, Tasikmalaya

“Atau dibuat jembatan layang di atas jalan yang ada, itu jangka panjang,” ungkap Aher, Sabtu (1/7/2017).

Selain itu, pengajuan proyek jalan tol Cigatas (Cileunyi-Garut-Tasikmalaya), di mana studi kelayakannya sudah sampai di tangan pemerintah pusat. Namun sampai sejauh ini juga belum ada respons juga.

“Tol Cigatas. Izin dan proyeknya harus masuk ke rencana nasional, kita sudah memasukkan ke rencana nasional. Tinggal di nasional ditetapkan nanti baru berjalan. Kita nunggu persetujuan dari pusat,” katanya.

Namun, tegas Aher, pemerintah pusat juga memperhitungkan betul dampak ekonomi masyarakat serta investasi dari para investor.

“Yang jelas mudah-mudahan tahunnya kan dihitung secara ekonomi, investasi dari investor,” ujar dia.

loading...

Feeds

Tegangnya Palagan Ambarawa di Cimahi

Pertumpahan darah pun tersaji setelah para sekutu menyerang dalam perang Palagan Ambarawa. Para pejuang maupun sekutu banyak yang tewas tergeletak …