Gak Nyangka, Ridwan Kamil Begitu Terinspirasi Pidato Obama

Ridwan Kamil (Rieska/JawaPos.com)

Ridwan Kamil (Rieska/JawaPos.com)

POJOKBANDUNG.com- WALIKOTA Bandung Ridwan Kamil mengaku dirinya sangat terkesan dengan pidato mantan orang nomor satu di Amerika Serikat, Barack Obama.

Ridwan Kamil hadir di acara Kongres Diasporas Indonesia di Kota Kasablanka Jakarta. “Tentu saya terkesan dengan Obama, pemimpin yang multidimensi, yang tegas, charming, dan humoris,” kata Kang Emil kepada wartawan, Sabtu (1/7).

BACA JUGA:

Sesuai Janji, Ridwan Kamil Tak Tanya Kapan Nikah di Open House

Hahaha.. Kalau Ditanya ‘Kapan Nikah?’ Pas Lebaran, Coba Deh Contek Jawaban Ridwan Kamil Ini

Lihat Nih, Gaya “Maju Mundur Cantik” Syahrini Bersama Ridwan Kamil

Menurutnya banyak inspirasi yang bisa dipetik dari pidato Obama. Salah satunya terkait pluralisme dan keberagaman. Obama, kata dia, berpesan bahwa negara yang maju jika masyarakatnya menghargai perbedaan tidak terkotak-kotak.

“Aktif di dunia global, kalau bangsa Indonesia mau menang yaitu investasi di pendidikan yang tak beda-bedakan gender. Toleran terhadap nilai-nilai kemanusiaan, agar bisa bangun negeri universal,” tegasnya.

Menurut Ridwan Kamil, dunia makin dinamis dan tak bisa diprediksi. Kekuatan dialog adalah hal yang paling efektif untuk dikedepankan. “Hal-hal itu menginspirasi saya, belajar dari kelebihan negara lain, dan belajar dari kesalahan-kesalahan yang diprediksi negara super power,” katanya.

Ia menambahkan, sebagai negara muslim besar, masyarakat Indonesia tetap harus memegang teguh nilai-nilai demokrasi. Demokrasi menurut Obama, kata Emil, belum sempurna tetapi memang jalan terbaik.

“Tiap negara punya cara tetapi semoga Indonesia bisa menjadi contoh. Negara akan bisa maju dan harmoni jika masyarakatnya tidak terkotak-kotak,” ungkapnya.

(cr1/jpg/pojokbandung)

loading...

Feeds

Selamat Datang Lagi, Spaso

Ada pemain yang patut ditunggu performanya dalam pertandingan Persib Bandung kontra Bhayangkara FC, Minggu (24/9) pukul 15.00 Wib.