Atasi Banjir, Pemprov Jabar Gelontorkan Dana Rp 50 Miliar

Banjir bandang di Pagarsih Kota Bandung

Banjir bandang di Pagarsih Kota Bandung

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat menggelontorkan dana Rp 50 miliar untuk normalisasi sungai di sejumlah wilayah.

Hal itu diilakukan sebagai salah satu cara untuk menanggulangi banjir yang kerap terjadi di musim penghujan, seperti Rancaekek.

BACA JUGA:

Lihat Nih, Banjir di Jalanan Cileunyi Bikin Nyesek

Lagi, Banjir Menggenangi Kawasan Rancaekek Bandung

Sekretaris Daerah (Sekda) Jawa Barat, Iwa Karniwa mengatakan, rincian anggaran untuk pembebasan lahan itu untuk Cieunteung Rp 33,8 miliar (sudah dibayarkan), Rp 4,3 miliar untuk Cikijing, dan Cimande Rp 3,3 miliar dan Bendung, Sadawarna Rp 1,65 miliar.

Khusus untuk pembayaran pembebasan lahan Sungai Cimande dan Cikijing, Iwa mengatakan akan direalisasi setelah lebaran ini. “Khusus pembebsan lahan di Cimande dan Cikijing akan diserahkan setelah lebaran dan pada anggaran perubahan APBN 2017,” ujar Iwa.

Iwa melanjutkan, pemerintah provinsi bersama Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum akan melebarkan sungai dari semula 7 meter menjadi 15 meter.

Program normalisasi sungai di Rancaekek ia akui gencar dilakukan karena tidak terlepas dari target Rancaekek bebas banjir pada 2018 mendatang.

“Target itu akan terealisasi dengan catatan ada upaya yang komprehensif dari semua pihak,” ujarnya.

(bbb)

loading...

Feeds

Selamat Datang Lagi, Spaso

Ada pemain yang patut ditunggu performanya dalam pertandingan Persib Bandung kontra Bhayangkara FC, Minggu (24/9) pukul 15.00 Wib.