9 Manfaat Minum Kopi dan Dampak Buruknya

POJOKBANDUNG.com- PASTINYA Anda sudah sering mendengar manfaat luas dari konsumsi kopi terhadap kesehatan. Hal ini adalah salah satu alasan mengapa banyak orang gemar mengkonsumsinya, selain untuk memenuhi ketergantungan mereka akan kafein.

Adapun manfaat konsumsi kopi adalah seperti:

BACA JUGA:

Berapa Gelas Kopi Sebaiknya Diminum dalam Sehari?

Cara Mengusir Nyamuk dengan Bubuk Kopi

  1. Membantu membakar lemak.

Kandungan kafein yang terdapat kopi diketahui mampu menstimulasi termogenesis, proses dimana suhu tubuh mengalami peningkatan, mengubah konsumsi makan dalam tubuh menjadi energi. Jadi dengan meminum kopi, membantu tubuh dalam membakar lemak sepanjang hari.

  1. Menurunkan resiko terkena kanker usus

Menurut The American Journal of Clinical Nutrition, meminum empat hingga lima cangkir kopi dalam sehari dapat menurunkan resiko seseorang terkena kanker usus dan rektum sebesar 15 persen. Namun patut diketahui bahwa meminum kopi bukan berarti anda kebal terhadap kanker, setidaknya mampu mencegahnya.

  1. Dapat melindungi liver atau hati

Menurut studi yang dilakukan University of Minnesota, asupan kopi yang tinggi dapat mengurangi resiko terkena hepatocellular carcinoma, salah satu bentuk kanker hati.

  1. Meningkatkan daya ingat

Sebuah studi menyebutkan bahwa dengan mengkonsumsi kopi usai melewati proses belajar atau memasukan informasi baru dalam otak dapat mendorong kinerja long-term memory otak (memori jangka panjang).

  1. Menurunkan resiko diabates tipe 2

Manfaat ini dapat dirasakan oleh mereka yang mengkonsumsi kopi secara reguler.

6.Menyegatkan jantung

Konsumsi kopi secara rutin juga dikaitkan dengan menurunnya resiko kematian akibat penyakit kardiovaskuler.

  1. Melawan kanker

Kaya akan antioksidan, konsumsi kopi dalam jumlah sedang sangat efektif dalam melawan radikal bebas yang bertanggungjawab atas kanker.

loading...

Feeds