1 Juta Pemudik Masih Belum Kembali

Kemacetan panjang yang terjadi di jalur mudik menuju Nagreg, sore hari tadi. (Riana Setiawan)

Kemacetan panjang yang terjadi di jalur mudik menuju Nagreg, sore hari tadi. (Riana Setiawan)

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Puncak arus balik Lebaran 2017 diprediksi terjadi pada Sabtu dan Minggu pekan ini.

Hingga H+4, Jumat (30/6/2017, masih banyak kendaraan pemudik yang belum kembali ke daerah keberangkatan seperti Jakarta dan Bandung.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat Dedi Taufik mengatakan, berdasarkan perhitungannya, sekitar 1juta kendaraan pemudik yang melintasi Jawa Barat belum kembali ke daerah perantauan mereka di perkotaan.

Dari total 2,1 juta kendaraan pemudik yang melintasi Jawa Barat pada arus mudik pekan lalu, baru sekitar 1,1 juta saja yang terhitung sudah kembali ke perantauan.

Baca Juga:

Lebaran Kok Berantem Rebutan Meja di De’Ranch Lembang. Ini Videonya, Memalukan!

Catat, Inilah Kerugian Anda Jika Tak Urus Surat Pindah

Asal Tahu Triknya, Mobil Bisa Irit Bahan Bakar Saat Macet-Macetan Balik Mudik Lebaran

“Artinya ada satu juta kendaraan yang belum kembali,” kata Dedi usai mengikuti pantauan jalur mudik bersama Kapolri, Menteri Perhubungan, dan Menteri Kesehatan, di Cileunyi, Bandung, Jumat (30/6/2017).

Terhitung, di jalur utara dari 1,14 juta kendaraan yang melintas pada arus mudik, baru 432.129 kendaraan yang sudah kembali.

Di jalur tengah, dari 426.023 kendaraan, baru 88.448 yang sudah kembali. Lalu di jalur selatan, dari 891.000 kendaraan yang melintas saat mudik, yang sudah kembali sebanyak 263.139 kendaraan.

“Motor dan kendaraan pribadi lebih dominan,” katanya.

Kendati demikian, Dedi menyebut jumlah kendaraan pemudik Lebaran tahun ini berkurang dibanding tahun lalu. Pada lebaran 2016, jumlah kendaraan pemudik mencapai 2,8 juta atau lebih banyak 700.000 dibanding tahun ini.

“Berkurang karena masyarakat beralih dengan menggunakan kendaraan umum. Yang pakai pesawat udara, kereta dan angkutan umum lainnya sekarang kan makin banyak,” tegasnya.

“Artinya kesadaran masyarakat dalam bertransportasi sudah meningkat.”

(atp/pojokbandung)

loading...

Feeds

Selamat Datang Lagi, Spaso

Ada pemain yang patut ditunggu performanya dalam pertandingan Persib Bandung kontra Bhayangkara FC, Minggu (24/9) pukul 15.00 Wib.