PSSI Tangguhkan Regulasi Pemain U-23 di Liga 1

POJOKBANDUNG.com- REGULASI pemain U-23 di Liga 1 bakal dihapus mulai pekan ke-12. Hal ini buntut dari sudah terbentuknya timnas untuk Piala Asia dan SEA Games 2017. Sebelumnya PSSI memang mewajibkan tiap klub gunakan tiga pemain U-23 di Liga 1 minimal 45 menit. Hal itu berjalan lancar sampai pekan ke-11 lalu.

Namun demikian, regulasi itu kembali berubah. PSSI bersama PT Liga Indonesia Baru (LIB) membatalkan regulasi itu. “Iya benar. Kami tangguhkan sampai dengan selesai SEA Games 2017, jadi mulai pekan ke-12 sudah dihapuskan,” ungkap Chief Operating Officer LIB, Tigor Shalomboboy kepada Jawapos.com (Pojoksatu Group).

Tigor menambahkan penghapusan ini cuma bersifat sementara. Hal ini karena ingin membantu klub yang pemainnya dipanggil ke timnas U-22.

Kini, timnas U-22 sendiri sudah terbentuk. Jadi, talent scouting tak diperlukan lagi. ”Ini keputusan dari PSSI. Kemudian kami ingin jaga fairness kompetisi atau menjaga kualitas dari Liga 1 ini,” ungkapnya.

Selain itu, PT LIB juga mengkonfirmasi pengurangan pergantian pemain di Liga 1. Mulai pekan ke-12, pergantian pemain kembali tiga kali. PSSI memang sebelumnya menerapkan lima pergantian pemain di Liga 1 2017. Regulasi ini untuk menunjang kewajiban tiap tim memainkan minimal tiga pemain U-23 selama 45 menit.

Hal ini sebenarnya tak sejalan dengan statuta FIFA. Karena FIFA sendiri hanya bolehkan tiga pergantian pemain di pertandingan resmi. Kini, PSSI kembali gunakan tiga pergantian pemain mulai pekan ke-12. LIB coba jelaskan alasannya.

“Iya benar kembali tiga pemain. Karena sebelumnya regulasi U-23 kan sudah tak berlaku lagi mulai pekan ke-12,” ungkapnya.

(ies/jpg/ca)

loading...

Feeds