Keliling Dunia dengan Pesawat, Brian LIoyd Singgah di Bandung

Brian LIoyd saat berada di Gedung Sate Bandung, Kamis (29/6). (Atep)

Brian LIoyd saat berada di Gedung Sate Bandung, Kamis (29/6). (Atep)

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Brian LIoyd (62), seorang penjelajah udara asal Amerika Serikat sengaja menyempatkan diri mampir di Kota Bandung. Gedung Sate, kantor pusat pemerintahan Provinsi Jawa Barat menjadi pilihan menjumpai para sahabatnya di jaringan komunikasi radio amatir asal Bandung, Kamis (29/6/2017).

Kedatangan LIyod ke Bandung difasilitasi Organisasi Radio Amatir Indonesia (Orari) Bandung dan Federasi Aerosport Seluruh Indonesia (Fasi). Brian Lloyd adalah seorang penerbang solo yang sejak 1 Juni lalu berkeliling dunia.

Uniknya, pilot ini terbang dengan menggunakan pesawat bermesin tunggal bernama “spirit”, dan akan mengakhiri misinya 24 Juli mendatang.

Ada satu misi yang tengah dijalaninya di dunia penerbangan, yakni dalam rangka mengenang 80 tahun penerbangan Amelia Earhart, seorang penerbang legendaris asal AS, yang hilang di Samudra Pasifik, 2 Juli 1937 dalam misinya mengelilingi dunia.

Misi penerbangan LIoyd, mengikuti rute yang dilalui oleh Earhart pada tahun 1937 dengan perkiraan waktu hingga dua bulan. LIoyd mengatakan, dirinya benar-benar mengelilingi dunia seperti yang dilakukan Earhart, dengan menjelajahi garis khatulistiwa, lintang tengah bumi, di mana pada garis ini merupakan jalur terjauh putaran planet bumi.

Penerbangan LIoyd dimulai di Miami, Florida AS menuju Amerika Selatan, menyebrangi lautan atlantik menuju Afrika, Timur Tengah, Asia, Australia, Pasifik dan kembali ke AS. Sebelum berangkat dari Texas, Bryan Lloyd mengaku, dirinya digerakkan oleh semangat penerbangan bersejarah.

“Kepioniran Earhart dan kontribusinya pada dunia penerbangan membuat perjalanan udara menjadi memungkinkan untuk kita semua. Hal seperti ini sangat penting untuk diingat,” ungkapnya.

loading...

Feeds