Libur Lebaran, Jalur Soreang-Ciwidey Padat

POJOKBANDUNG.com, SOREANG – Libur lebaran Idul Fitri 1438 H dimanfaatkan oleh banyak warga untuk berekreasi ke obyek wisata, salah satunya Kawasan Ciwidey, Kabupat000en Bandung. Akibatnya kepadatan kendaraanpun tak terhindarkan.
Antrean kendaraan nampak terlihat dari wilayah Soreang menuju obyek wisata Ciwidey dan Rancabali Kabupaten Bandung. Kepadatan kendaraan didominasi oleh kendaraan wisatawan lokal (Kota Bandung).
Berdasarkan pantauan, antrean tersebut diakibatkan terjadinya penyempitan jalur (neck bottle) di sepanjang jalur Soreang – Ciwidey yang diakibatkan volume kendaraan meningkat dibandingkan hari biasa.
Kapolsek Soreang, Kompol Richard Lotoe, mengatakan kepadatan di jalan tersebut sudah terjadi dari pukul 10.00 WIB dan didominasi oleh kendaraan roda dua dan mobil pribadi.
“Jalur menuju Ciwidey hanya ada satu yaitu melalui Soreang, dipastikan timbul kepadatan,” kata Richard saat ditemui di Soreang, Rabu (28/6).
Kepadatan terjadi tidak hanya di jalan Soreang – Ciwidey. Pos Pertigaan Sadu Soreang, arah Alun-alun Soreang atau Kopo dan Jalan Baru Sadu Soreang (arah Banjaran) pun tidak luput dari kepadatan kendaraan.
Guna mengurai kepadatan kendaraan dari arah Soreang Kota. Pihak Polsek Soreang lakukan rekayasa jalan dengan mengalihkan kendaraa menuju Jalan Baru Sadu yang diputarkan sekitar 40 meter dan kemudian dialihkan kembali menuju jalur Soreang – Ciwidey.
“Lonjakan terjadi didominasi oleh kendaraan roda dua dan empat. Ribuan kendaraan hingga siang hari sudah melintasi pos kami, peningkatan terjadi hingga sore hari,” katanya.
Richard mengingatkan kepada para pengendara agar tetap berhati-hati dalam berlalu lintas, mengingat jalur Soreang – Ciwidey berkelok dan menanjak. Maka dari itu perlu kewaspadaan esktra untuk melalui jalur tersebut.
“Diimbau kepada pengendara yang akan berwisata ke Ciwidey untuk tetap berhati-hati, jaga kesehatan dan cek fisik kendaraan,” imbaunya.
Selain itu, Kepala Unit Lalu Lintas (Kanitlantas) Polsek Soreang Iptu Dini Kulsum mengatakan kepada seluruh pengguna jalan yang memiliki fisik kendarannnya kurang prima untuk mengurungkan niatnya melalui jalur tersebut.
“Sempat terjadi kemacetan yang diakibatkan oleh kendaraan yang sudah tua mogok,” ujarnya.
Sementara salah orang wisatawan tujuan Kawasan Wisata Ciwidey asal Kota Subang, Andi Gunawan, mengatakan dirinya bersama keluarga selalu memanfaatkan momen tersebut untuk berwisata ke Ciwidey maupun Rancabali.
“Setiap tahun selalu berwisata ke Ciwidey bersama keluarga,” kata Andi saat ditemui ditengah kepadatan kendaraan.
Kendati mengetahui kepadatan menuju arah Ciwidey. Dirinya mengatakan tidak begitu dipusingkan dengan hal tersebut, karena baginya kemacetan menuju kawasan wisata memang lazim terjadi terutama di hari raya seperti ini.
“Saya dari Subang berangkat pukul 05.00 WIB. Sampai pukul 10.00 WIB masih disini (Soreang),” tandasnya.

(kim)

loading...

Feeds