Wisatawan Pantai Selatan Membludak Sepuluh Kali Lipat, Petugas Kewalahan

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Kepala Kantor SAR Bandung, S. Riyadi mengimbau masyarakat agar berhati-hati saat berenang atau bermain di pantai khususnya pantai wilayah selatan.

“Ombak di pesisir pantai selatan cukup besar dan membahayakan karena cukup banyak terdapat palungan,” kata Riyadi, Senin (26/6/2017).

Di samping itu, lanjut dia, pada momen libur lebaran ini jumlah pengunjung hampir sepuluh kali lipat lebih banyak di banding hari hari libur biasa. Kondisi ini cukup merepotkan tim SAR gabungan karena tidak sebanding dengan jumlah pengunjung.

“Kami berkoordinasi dengan rekan rekan balawista, polair dan potensi SAR lainnya, namun karena membludaknya pengunjung kami harus bekerja ekstra,” ungkap Riyadi.

Harapannya, lanjut dia, para pengunjung dapat menjaga diri masing-masing dan peringatan aturan yang sudah dipasang di tiap titik wisata pantai. “Tempat mana yang tidak boleh renang, agar tidak renang di lokasi tersebut,” tegas dia.

Dikatakan, pada hari pertama pasca Idul Fitri ini, empat obyek wisata pantai selatan menelan korban terseret ombak. Empat korban di pantai Paping-Kabupaten Tasikmalaya dan pantai Cijeruk-Kabupaten Garut belum ditemukan.

Sementara lima korban di pantai Paping-Kabupaten Tasikmalaya dan pantai Pangandaran berhasil diselamatkan. Para korban selamat sudah mendapatkan penanganan tim medis di pusat kesehatan terdekat.

(atp/pojokbandung)

loading...

Feeds