Jumlah Penumpang Bus Mudik Lebaran 2017 di Terminal Cicaheum Turun 18 Persen, Ini Penyebabnya

Seorang pemudik memesan tiket bus Antar Kota Antar Provinsi di terminal Cicaheum, Jalan A.H Nasution, Kota Bandung, (Riana Setiawan)

Seorang pemudik memesan tiket bus Antar Kota Antar Provinsi di terminal Cicaheum, Jalan A.H Nasution, Kota Bandung, (Riana Setiawan)

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG- Kepala Terminal Cicaheum Roni Hermanto mengatakan, puncak arus mudik di terminal Cicaheum kemungkinan terjadi H-3 lebaran. Pada mudik Lebaran tahun ini pihaknya telah menyiapkan armada 260 unit.

Sebanyak 135 unit bus di antaranya bus AKDP (Antar Kota Dalam Provinsi), 105 unit bus AKAP (Antar Kota Antar Provinsi) dan 20 unit bus bantuan dari Damri.

BACA: Ketika Tradisi Mudik di Terminal Makin Sepi, Harus Ada Terobosan

“Sebenarnya lonjakan penumpang arus mudik sudah terlihat sejak Kamis. Di H-3 kami telah memberangkatkan 3.051 penumpang. Yang menonjol itu jurusan Kuningan, Pangandaran dan Tasikmalaya,” ungkapnya melalui sambungan telepon.

Meskipun sudah ada peningkatan jumlah penumpang, namun jumlahnya, kata Roni mengalami penurunan dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Dimana tahun lalu penumpang yang berangkat dari Terminal Cicaheum pada H-3 lebih dari 4.000 orang.

“Penurunannya sekitar 18 persen jika dibandingkan tahun lalu,” sebutnya.

Penurunan penumpang itu, tak terlepas dari banyaknya program mudik gratis yang diselenggarakan, baik oleh pemerintah maupun swasta, beralihnya moda transportasi yang digunakan bisa menggunakan kereta api, mobil pribadi maupun sepeda motor.

(mur)

loading...

Feeds