Insya Allah Besok Sudah Idul Fitri

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKBANDUNG.com- SABTU (24/6) hari ini sangat mungkin menjadi pengujung bulan Ramadan. Artinya, 1 Syawal 1438 H atau Lebaran jatuh Minggu besok (25/6). Namun, Kementerian Agama (Kemenag) meminta masyarakat bersabar sambil menunggu keputusan resmi pemerintah Sesuai jadwal, Kemenag menggelar sidang isbat penetapan 1 Syawal hari ini (24/6).

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kemenag Muhamad Thambrin mengatakan, sidang akan dipimpin langsung oleh Menag Lukman Hakim Saifuddin. Seperti saat penetapan 1 Ramadan lalu, kali ini Kemenag juga menyebar tim pemantau atau rukyatulhilal di 77 titik seluruh penjuru Indonesia.

BACA JUGA:

Lebaran 25 Juni? tapi Tunggu Sidang Isbat Dulu

Lebaran, Polri Antisipasi Serangan Teror dan Aksi Perampokan

Mantan kepala Kanwil Kemenag Kalimantan Selatan (Kalsel) itu menyatakan, ijtimak menjelang Syawal jatuh pada Sabtu (24/6) pukul 09.32 WIB atau bertepatan dengan 29 Ramadan 1438 H. Pada saat dilakukan rukyat, Thambrin mengatakan, tinggi hilal 2 derajat sampai 4 derajat.

Dengan demikian, tinggi hilal sudah memenuhi kriteria imkanur rukyat, yakni 2 derajat. Dengan demikian, hampir pasti 1 Syawal jatuh pada 25 Juni. Meski begitu, Thambrin meminta masyarakat bersabar sampai hasil sidang isbat disampaikan secara resmi oleh Menag Lukman Hakim Saifuddin.

“Sidang isbat ini merupakan perwujudan kekompakan umat Islam di tanah air,” jelasnya di Jakarta.

loading...

Feeds

Kian Patuh Sambil Makan Bakso Puyuh

POJOKBANDUNG.com, SUKABUMI–Puluhan pelaku Usaha Kecil dan Menegah (UKM) di wilayah Pelabuhan Ratu mengikuti diskusi bertajuk “Peran UKM Untuk Negeri” di …

Bangun Ekonomi Rakyat, DPD Sosialisasi LPDB

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG–Peran Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM) sangat strategis untuk membantu pengembangan ekonomi kerakyatan …