Besok Lebaran? Sabar Ya, Tunggu Keputusan Resmi Pemerintah

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKBANDUNG.com- KEMENTERIAN Agama (Kemenag) akan mengadakan sidang isbat penetapan 1 Syawal hari ini, Sabtu (24/6). Namun, berdasar prediksi Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Lebaran tahun ini akan jatuh Minggu besok.

Seperti tahun lalu, ormas-ormas besar sangat mungkin kompak merayakan Idul Fitri pada hari yang sama. Kepala Lapan Thomas Djamaluddin menyatakan rata-rata tinggi hilal atau bulan muda saat dirukyat nanti sudah di atas 2 derajat. “Berkisar di 3 derajat,” jelasnya.

BACA JUGA:

Lebaran 25 Juni? tapi Tunggu Sidang Isbat Dulu

Malam Takbiran Sambut Idul Fitri Baiknya Dimana?

Sebagaimana diketahui, ketentuan tinggi hilal 2 derajat itu kerap menjadi penyebab perbedaan dalam penentuan datangnya bulan baru. Karena tingginya di atas 2 derajat, tidak akan ada perbedaan dalam menentukan 1 Syawal.

Meski demikian, Kemenag meminta masyarakat untuk bersabar menunggu keputusan resmi pemerintah. Hal itu akan diumumkan langsung oleh Menag Lukman Hakim Saifuddin setelah sidang isbat.

“Kemenag menyebar tim pemantau atau rukyat hilal di 77 titik seluruh penjuru Indonesia,” kata Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kemenag Muhamad Thambrin kemarin. ’’Sidang isbat ini merupakan perwujudan kekompakan umat Islam di tanah air,” jelasnya.

Mantan kepala Kanwil Kemenag Kalimantan Selatan (Kalsel) itu menyatakan, ijtimak menjelang Syawal jatuh pada Sabtu (24/6) pukul 09.32 WIB atau bertepatan dengan 29 Ramadan 1438 H. Seperti prediksi Lapan, Thambrin mengatakan bahwa tinggi hilal berkisar 2 derajat sampai 4 derajat.

loading...

Feeds