“Semoga Tidak Terjadi Perbedaan Penetapan Awal 1 Syawal 1438 H”

Ketua Umum MUI, Prof. DR. KH. Ma’ruf Amin.

Ketua Umum MUI, Prof. DR. KH. Ma’ruf Amin.

POJOKBANDUNG.comDEWAN Pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat menyambut baik rencana penetapan 1 Syawal 1438 H oleh pemerintah melalui sidang Isbat Kementerian Agama bersama MUI dan ormas-ormas Islam, Sabtu (24/6/2017) besok.

Harapannya, tidak ada perbedaan dalam penetapan hari raya. “Semoga tidak terjadi perbedaan dalam penetapannya,” ujar ketua Umum MUI Kiai Maaruf Amin melalui SMS, Kamis (22/6/2017).

Baca Juga:

Lebaran 25 Juni? tapi Tunggu Sidang Isbat Dulu

Sore Ini Sidang Isbat Penentuan Awal Ramadan, Astronom dan Ulama Diundang 

“Apabila terjadi perbedaan di antara warga masyarakat hendaknya disikapi dengan penuh damai, saling menghormati dan menghargai satu dengan lainnya dengan mengedepankan semangat ukhuwah Islamiyah.”

Dalam tausiyah menyambut Idulfitri 1438 H, MUI juga mengajak Umat Islam menyempurnakan puasa dengan mengeluarkan zakat fitrah, zakat harta, infaq, wakaf dan shadaqah.

Pelaksanaan zakat dan lainnya itu hendaknya dilakukan dan direncanakan secara baik dan benar, tanpa menimbulkan dampak negatif yang tidak diinginkan.

“MUI mengimbau Umat Islam agar setelah berpuasa dapat lebih meningkatkan lagi kepatuhannya terhadap ajaran Islam dan kepeduliannya terhadap sesama, terutama kepada kaum dhuafa, fakir-miskin dan anak yatim-piatu,” ucapnya.

“Dengan demikian tujuan berpuasa sebagaimana diperintahkan oleh Allah SWT benar-benar dapat tercapai, yaitu terbentuknya pribadi yang shaleh dan bertakwa.”

Menurut Kiai Maaruf, MUI juga mengharapkan agar pemerintah khususnya pihak kepolisian bisa menjamin keamanan dan kenyamanan masyarakat dalam merayakan Idul Fitri.

Terutama pada saat perjalanan pergi dan pulang mudik, malam takbiran maupun saat pelaksanaan salat Idul Fitri baik di lapangan, di masjid, surau, dan atau tempat lainnya.

(gir/jpnn/pojokbandung)

loading...

Feeds

Gubernur Jabar Raih Paramakarya 2017

Gubernur Jawa Barat mendapatkan Penghargaan Produktivitas Paramakarya dari Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia karena dinilai telah sukses memberikan dukungan dan pembinaan …