Awas Gelap! Mudik Malam Hari Pakai Jalur Alternatif Bandung-Garut

Macet Nagreg_Khairizal Maris_3

Macet Nagreg_Khairizal Maris_3

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Dinas Penerangan Umum dan Pemukiman Rakyat (PUPR) siagakan personil untuk antisipasi Penerangan Jalan Umum (PJU) bermasalahan dan langkah alternatif di beberapa titik arus mudik, terutama jalur alternatif seperti Cijapati, Kabupaten Bandung.

Kepala UPT PUPR Kabupaten Bandung, Kunaefi, mengatakan bahwa di wilayah Jalur Kabupaten Bandung belum seluruhnya terpasang PJU. Meskipun begitu, pihaknya mengatakan bahwa PJU untuk jalan utama Nagreg dipastikan aman.

“Untuk kabupaten Bandung sudah cukup, cuma di daerah perbatasan Bandung-Garut yang belum cukup,” kata Khunaefi saat ditemui di Posko Dinas PUPR, Nagreg, Kabupaten Bandung, Rabu (22/6/2017).

Meskipun belum sepenuhnya jalur terpasang di jalur mudik, pihaknya mengatakan sudah mengupayakan semaksimal mungkin. Hanya saja tetap masih terdapat banyak kekurangan.

Maka dari itu, para personil PUPR telah siaga bilamana terjadi gangguan PJU dengan menyiapkan 41 personil di wilayah Nagreg.

“Kami mempersiapkan dari satu bulan belakang, kita tetap waspada bila terjadi kerusakan,” ujarnya.

Untuk antisipasi, pihaknya telah menyediakan beberapa alat bantu untuk proses perbaikan PJU. Ia khawatir PJU yang rusak dan tidak segera diperbaiki akan menimbulkan kecelakaan.

“Kita sediakan alat seperti mobil sky lift, mobil crane dan alat berat untuk antisipasi kerusakan PJU,” katanya.

Ia memastikan selama arus mudik berlangsung PJU di wilayah Kabupaten Bandung, terutama jalur mudik Nagreg dipastikan aman. Karena pihak PUPR pada sebelumnya telah mengecek dan lakukan perawatan secara berkala.

“Hingga saat ini Rabu (21/7/2017) PJU masih berfungsi secara normal dan tidak ada kendala,” ujarnya.

Khunaefi mengatakan, pada 2018 permasalahan PJU di Kabupaten Bandung akan terselesaikan, mengingat saat proses pemasangan serta perbaikan ditemukan berbagai masalah teknis sehingga pelayanan maksimal tidak dapat diterapkan.

“Meskipun belum maksimal, kita janjikan 2018 semua masalah teratasi,” tandasnya.

(kim)

loading...

Feeds