Arus Mudik Via Nagreg Mulai Menggeliat, H-2 Lebaran Diprediksi Jadi Puncak

kondisi jalan nagreg. (asep rahmat)

kondisi jalan nagreg. (asep rahmat)

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Arus mudik di jalur Nagreg, Kabupaten Bandung, mulai menggeliat H-5 lebaran, Rabu (21/6/2017). Jalur utama untuk pemudik menuju selatan Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Barat itu diprediksi bakal dipadati pada H-2 Idul Fitri.

“Volume arus mudik mulai meningkat di tanjakan Nagreg, didominasi kendaraan roda empat,” kata Humas Polres Bandung, Bripda Zimas.

Ia mengimbau, pemudik yang lelah dipersilakan beristirahat di posko Polres Bandung yang menyediakan layanan kesehatan, musola, dan wese umum.

Baca Juga:

Jasa Marga dan Dinkes Kab Bandung Gelar Posko Mudik, Ini Daftar Titiknya 

Catat, Daftar Nomor Telepon Penting di Jalur Mudik 

Sementara itu, pantauan Radar Bandung (grup Pojokbandung) di Jalur Nagreg, Dinas Perhubungan Kabupaten Bandung tengah sibuk menghitung setiap kendaraan bermotor yang melintas.

Pada H-7 Minggu (18/6/2017) tercatat ada 35.376 unit kendaraan yang melewati Nagreg. Sedangkan pada H-6 Senin (19/6/2017) sebanyak 55.808 unit kendaraan. Sementara Selasa (19/6/2017) malam, terdapat 41.767 unit kendaraan melintas di Nagreg, sementara arus sebaliknya 30.637 unit kendaraan.

Koordinator Posko Angkutan Lebaran Dinas Perhubungan Kabupaten Bandung, Isnuri Winarko mengatakan, peningkatan volume kendaraan pada akhir pekan lalu didominasi wisatawan menuju Garut dan Tasikmalaya yang bercampur dengan pemudik.

“Peningkatan saat H-7 dan H-6 dikarenakan bertepatan kendaraan yang hendak liburan, hal itu tidak menutup kemungkinan dicampur dengan pemudik,” kata Isnuri.

Mengacu pada data arus mudik 2016 lalu, penurunan volume kendaraan menurun hingga H-5 yaitu sebesar 109.772 (turun 2.8%), dibandingkan tahun sebelumnya yaitu 209.359 H-7 sampai H-5 lebaran.

“Cenderung menurun, karena mungkin sebagian pemudik masih beraktifitas kerja atau belum mendapatkan cuti,” katanya.

Sedangkan H-2 lebaran diprediksi akan menjadi puncak arus mudik. Sebagian pemudik mulai libur saat H-3 berdasarkan intruksi cuti bersama yang dikeluarkan oleh Presiden Joko Widodo.

Kendati puncak arus mudik masih terhitung beberapa hari lagi, pemudik dari arah Jabodetabek mulai berdatangan.

“Mulai cuti H-3 lebaran, dan para pemudik akan memadati di jalur Nagreg saat H-2,” katanya.

Isnuri menambahkan, H-2 lebaran akan terjadi peningkatan volume kendaraan dibandingkan tahun sebelumnya. Sebab, pemudik dari jalur tengah dan jalur utara, akan dialihkan ke jalur Nagreg (selatan).

(nda/kim)

loading...

Feeds